Langgar Izin Tinggal, 3 WNA China Segera Dideportasi Imigrasi Makassar

Sindonews, Suwarny Dammar ยท Senin, 27 Juli 2020 - 13:49 WIB
Langgar Izin Tinggal, 3 WNA China Segera Dideportasi Imigrasi Makassar
Petugas Imigrasi menjemput tiga WNA asal China dari Rudenim Makassar untuk proses deportasi yang diagendakan awal Agustus 2020. (Foto: Istimewa)

MAKASSAR, iNews.id - Tiga warga negara asing (WNA) asal China segera dideportasi setelah menjalani masa tahanan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), karena terbukti melanggar izin tinggal. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar telah menjemput ketiganya dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) pada Senin (27/7/2020), untuk segera dideportasi ke negaranya.

Kepala Seksi Registrasi Administrasi dan Pelaporan Rudenim Makassar, Rita, mengatakan, pihaknya telah melakukan serah terima ketiga WNA China ke pihak Imigrasi Makassar. Ketiga warga China yang segera dideportasi, yakni LM, perempuan berusia 53 tahun, CY (laki-laki, 39 tahun), dan CX (perempuan, 37 tahun).

Ketiga WNA China itu diserahkan kepada pihak Imigrasi Makassar untuk kelancaran proses deportasi. Rencananya, mereka dipulangkan kembali ke negara asalnya pada Senin, 3 Agustus mendatang.

LM diketahui menjadi penghuni Rudenim Makassar sejak 26 Maret 2020. Sedangkan CY dan CX, pasangan suami istri yang dititipkan sejak 16 April 2020. Ketiga deteni tersebut eks narapidana penyalahgunaan izin tinggal.

Sementara para WNA China ini bersyukur karena segera dipulangkan ke negaranya. "Saya bersyukur, akhirnya sudah hampir pulang," ucap LM.

Proses penjemputan dilakukan lebih awal karena masih beberapa tahapan yang harus mereka lewati. Salah satunya rapid test, sebagai salah satu persyaratan untuk terbang ke Jakarta. Selanjutnya, ketiga WNA China harus dites swab di Jakarta sebelum pemberangkatan ke China.


Editor : Maria Christina