Kontak Langsung dengan Pasien Meninggal Positif Korona, 68 Orang di Makassar Diperiksa

Antara ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 16:10 WIB
Kontak Langsung dengan Pasien Meninggal Positif Korona, 68 Orang di Makassar Diperiksa
Petugas mengambil sampel darah pasien suspect DBD untuk diperiksa di laboratorium. (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Sebanyak 68 orang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menjalani pemeriksaan virus korona. Mereka disebut melakukan kontak langsung dengan seorang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia pekan lalu.

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, puluhan warga tersebut diamati karena bagian dari rombongan jamaah umroh yang berangkat bersama dengan pasien positif korona di Makassar.

"Jumlah orang yang sedang diamati sebanyak 68 orang, termasuk mengambil hasil screening terhadap orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif," kata Iqbal di Kota Makassar, Sulsel, Sabtu (21/3/2020).

Selain itu, terdapat lima orang yang dikategorikan dalam pemantauan atau ODP dan sembilan orang pasien dalam pengawasan (PDP), salah satunya istri dari pasien positif yang meninggal dunia.

"Suami almarhumah saat ini dinyatakan sebagai PDP karena sudah memiliki gejala yang menyerupai Covid-19," ujar dia.

Dia menegaskan, Pemerintah Kota Makassar sangat serius dalam melakukan penanganan virus korona. Upaya yang dilakukan dengan mendirikan Posko Tanggap Darurat Bencana Covid-19.

"Kami juga melakukan penelusuran kontak pascapenetapan dua pasien positif asal Makassar," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal