Klaster Pekerja Apartemen Makassar, Satgas: Diduga Ada Kelonggaran di Pelabuhan

Antara · Kamis, 10 Juni 2021 - 15:45:00 WITA
Klaster Pekerja Apartemen Makassar, Satgas: Diduga Ada Kelonggaran di Pelabuhan
Pemeriksaan rapid test antigen dan GeNose di pelabuhan. (Foto: iNews/Nyoman Sudika)

MAKASSAR, iNews.id - Puluhan pekerja proyek Apartemen 31 Sudirman Suites dinyatakan positif Covid-19 saat menjalani pemeriksaan masuk Kota Makassar. Temuan klaster ini diduga karena ada kelonggaran di pelabuhan keberangkatan. 

"Pekerja tersebut diketahui didatangkan dari Jawa, dan mayoritas asal Kudus, Jawa Tengah, yang merupakan zona merah penyebaran corona," kata Satgas Covid-19 Makassar, Iman Hud, Kamis (10/6/2021).

Menurut dia, mereka bisa masuk ke Kota Makassar diduga karena ada pelonggaran hasil tes pemeriksaan di pelabuhan keberangkatan. Namun karena ada pemeriksaan ulang, para pekerja ini pun diketahi carier Covid-19.

Sebelumnya sebanyak 94 orang pekerja proyek Apartemen 31 Sudirman Suites Makassar terkonfirmasi positif Covid-19. Masih ada 176 sampel pemeriksaan yang belum keluar hasilnya.

Iman Hud mengatakan, dari 94 orang tersebut, 57 orang telah di rawat di Rumah Sakit Pelamonia, 35 orang di Rumah Sakit Balai Paru, satu di Rumah Sakit Siloam dan satu lainnya Isolasi Mandiri.

"Sementara ini masih ada 176 sampel yang hasilnya belum keluar," ujarnya.

Sebelumnya, Tim Satgas Pengurai Kerumunan (Raika) Makassar menyegel dan menghentikan aktivitas proyek pembangunan apartemen mewah tersebut setelah 45 pekerjanya terkonfirmasi positif Covid-19.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal