Kendala Penanganan Corona di Sulsel, Tim: Kesadaran Masyarakat Rendah

Antara ยท Kamis, 09 April 2020 - 12:35 WIB
Kendala Penanganan Corona di Sulsel, Tim: Kesadaran Masyarakat Rendah
Petugas memeriksa suhu tubuh pengendara yang masuk ke Kota Makassar, Sulsel, menggunakan alat thermo scan. (Foto: Sindonews)

MAKASSAR, iNews.id - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklaim kesadaran masyarakat masih rendah, khususnya dalam menjaga jarak. Kondisi ini menjadi kendala penanganan virus corona di wilayah tersebut.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan, dalam memutus wabah virus corona, peran masyarakat dalam menjaga diri dan kesehatannya sangat penting.

"Dari hulu dan hilir. Hulu ini bagaimana agar masyarakat berperan serta. Saya sejak dua hari beraktivitas ke posko, pantau di rumah sakit, saya lihat tidak ada perubahan soal jaga jarak ini," kata Ichsan di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (9/4/2020).

Terkait masih membandelnya masyarakat atas seruan atau imbauan pemerintah untuk menjaga jarak, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel ini mengaku akan segera mengambil sikap.

Tim Gugus Tugas bersama Forkopimda akan menggelar rapat untuk membahas sejumlah masalah penting termasuk diantaranya tindakan apa yang akan diambil terhadap masyarakat yang tidak memiliki kesadaran atas bahaya penyebaran Covid-19.

"Kami akan membahas berbagai hal termasuk bagaimana mengatasi persoalan itu agar masyarakat bisa patuh dengan aturan jaga jarak," katanya.

Selain masalah kesadaran masyarakat, persoalan yang juga dihadapi yakni kesediaan alat pelindung diri (APD) bagi para petugas medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan wabah corona.

"Begitupun juga terkait anggaran penanganan yang terbatas juga menjadi kendala," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal