Jokowi Penuhi Janji Bantu Perbaikan 12.000 Lebih Rumah Roboh akibat Gempa di Sulbar

Raka Dwi Novianto ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 19:13:00 WITA
Jokowi Penuhi Janji Bantu Perbaikan 12.000 Lebih Rumah Roboh akibat Gempa di Sulbar
Kondisi pascagempa yang mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat tahun lalu. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memenuhi janjinya untuk membantu perbaikan rumah warga terdampak bencana gempa bumi di tiga kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar). Hal ini disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo.

Abaraham mengatakan, pemenuhan janji tersebut diwujudkan dengan penyaluran dana bantuan rumah yang saat ini sudah mencapai 12.264 unit dari total 12.643 penerima. Seluruhnya telah dilakukan verifikasi dan validasi.

"Dari jumlah tersebut, 11.906 unit di antaranya sedang dalam proses pembangunan. Itu tersebar di tiga kabupaten, yakni Mamuju, Majene dan Mamasa," ujar Abraham, Selasa (12/7/2022). 

Dia menyebutkan, penyaluran dana bantuan perbaikan rumah terdampak gempa bumi di Sulbar merupakan arahan Presiden.  Hal tersebut merupakan tindak lanjut saat Presiden meninjau lokasi gempa di Mamuju dan Majene pada pertengahan Januari 2021 lalu.

Presiden memastikan, warga yang rumahnya terdampak gempa akan mendapat ganti rugi dari pemerintah.

Abraham mengatakan, arahan tersebut kemudian diterjemahkan dan diimplementasikan dalam bentuk dokumen rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana oleh masing-masing daerah terdampak. Yakni kabupaten Mamuju, Majene dan Mamasa. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: