Jemaah Salat Idul Adha di Makassar Harus Dalam Kondisi Sehat

Muhammad Arham Hamid ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 08:35 WIB
Jemaah Salat Idul Adha di Makassar Harus Dalam Kondisi Sehat
Penyemprotan disinfektan di Masjid Al Markaz Makassar. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Jemaah Salat Idul Adha di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), diizinkan datang ke masjid bila dalam kondisi sehat. Pelaksanaan ibadah tersebut juga akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Makassar, Aswis Badwi mengatakan, sudah bersurat kepada seluruh pihak, termasuk ormas Islam, tokoh agama, hingga pengurus masjid terkait pelaksanaan Salat Idul Adha di masa pandemi Covid-19.

"Poin-poin tersebut di antaranya, jemaah harus dalam kondisi sehat," kata Aswis di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (28/7/2020) malam.

Sejumlah hal yang harus diperhatikan, kata dia, jemaah wajib memakai masker, membawa sajadah dan alat salat sendiri, dan tetap menjaga jarak satu sama lain.

Dia juga meminta, usai salat berjamaah, warga tidak saling kontak fisik seperti bersalaman atau berpelukan. Sementara anak-anak dan lansia tidak ikut menunaikan salat berjemaah.

"Mereka punya penyakit bawaan juga diminta tidak ikut salat berjemaah," ujar dia.

Salat Idul Adha tahun ini, kata dia, tidak dilaksanakan dilapangan demi menghindari pengumpulan orang dalam jumlah besar. Pelaksanaannya di masjid, agar tidak ada kerumunan massa dan penerapan protokol kesehatan mudah dikontrol.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal