Ibu Muda di Luwu Timur Melahirkan di Bak Mobil setelah Jalan Kaki 4 Km

Nasruddin Rubak ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 11:30 WIB
Ibu Muda di Luwu Timur Melahirkan di Bak Mobil setelah Jalan Kaki 4 Km
Ibu muda di Luwu Timur yang melahirkan di atas mobil bak, bersama bayinya dalam kondisi sehat. (Foto: iNews/Nasruddin Rubak).

LUWU TIMUR, iNews.id - Seorang ibu muda di Maliwowo, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), melahirkan di atas bak mobil pikap saat akan diantar ke puskesmas. Beruntung ibu dan bayinya selamat meski tanpa bantuan perlatan medis memadai.

Ibu bernama Satriani (21) warga Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, ini mendadak merasakan mulas yang tak tertahankan usai berjalan kaki hingga empat kilometer menuju puskesmas.

Keluarga langsung membawanya ke puskesmas menggunakan mobil pikap milik warga. Namun di tengah perjalanan, Satriani menjalani proses persalinan, karena bayi sudah berada di mulut rahim.

"Memang sudah mau melahirkan, saya berjalan kaki ke puskesmas," kata Satriani kepada iNews di rumahnya, Selasa (10/3/2020).

Bidan yang membantu proses persalinannya, Nasmariati mengatakan, jarak dari rumah ke puskesmas sebetulnya hingga 14 kilometer. Tapi dia baru berjalan kaki sekitar 4 kilometer.

Menurut dia, kondisi pasien dan bayinya dalam keadaan sehat. Bayi Satriani berjenis kelamin laki-laki dengan barat 4,2 kilogram dan panjang 50 sentimeter.

"Bayinya sudah minum asi dan ibunya juga dalam kondisi sehat saat dicek tadi," katanya.

Hingga saat ini, ibu dan bayinya tersebut terus dalam pemantauan bidan desa secara intensif. Proses persalinan Satriani di atas bak mobil pikap menggegerkan warga sekitar, dan mereka bersyukur keduanya selamat meski tanpa alat dan fasilitas medis memadai.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal