Hari Pertama Bertugas, Pangdam Hasanuddin Tegaskan Kesiapan TNI Bantu Tangani Banjir

Antara ยท Senin, 13 Januari 2020 - 10:53 WIB
Hari Pertama Bertugas, Pangdam Hasanuddin Tegaskan Kesiapan TNI Bantu Tangani Banjir
Suasana apel penyambutan dan pelepasan pejabat Pangdam XIV/Hasanuddin dari Mayjen TNI Surawahadi ke Mayjen TNI Andi Sumangerukka di Makodam XIV/Hasanuddin, Makassar, Sulsel, Senin (13/1/2020). (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka memulai hari pertamanya bertugas di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (13/1/2020). Dia menegaskan kesiapan TNI membantu pemerintah setempat dalam penanganan banjir di wilayah Sulsel, Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kami siap membantu menangani banjir yang sudah terjadi di beberapa daerah dengan personel dan peralatan yang dimiliki,” kata Sumangerukka di sela upacara penyambutan sebagai pejabat baru Pangdam di Makodam XIV/Hasanuddin.

Selain membantu penanganan banjir, dia siap melanjutkan program yang sudah ada yang digagas pejabat Pangdam sebelumnya. Sementara menyangkut pengamanan teritorial dan mengantisipasi bahaya laten dari kelompok kiri dan kanan, itu sudah menjadi tugas jajarannya untuk senantiasa menjaga keamanan.

 

BACA JUGA:

Putra Makassar Mayjen TNI Andi Sumangerukka Jabat Pangdam XIV/Hasanuddin

Banjir di Sidrap Sulsel Rendam Ratusan Rumah, Sekolah Diminta Liburkan Siswa

 

Pada hari perdana bertugas, eks pejabat Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi juga menyosialisasikan ruangan kerja, ruang rapat dan orientasi seputar wilayah kerja Kodam XIV/Hasanuddin.

Sebelumnya dilakukan tradisi penyambutan pejabat baru dengan pagelaran tari tradisional dan a'ngaru atau penyambutan dengan pernyataan seloka-seloka suci sebagai wujud komitmen loyalitas rakyat kepada pemimpinnya.

Setelah melakukan briefing dengan jajarannya, digelar apel perdana dan pagelaran defile penyambutan pejabat baru Sumanggerukka dan pelepasan pejabat lama Surawahadi.

 

BACA JUGA: Banjir Terjang Barru Sulsel, 1 Orang Tewas 

 

Sumangerukka dalam sambutannya memaparkan, banyak program yang sudah dilakukan dalam masa kepemimpinan Mayjen TNI Surawahadi. Dia mengajak prajurit dan PNS untuk melanjutkan program tersebut. “Saya mengajak prajurit dan PNS untuk melanjutkan program tersebut dengan dilandasi sikap disiplin dan profesional,” katanya.

Sumangerukka yang menghabiskan masa kecilnya di Sultra dan Sulsel ini juga berharap dapat menjadikan Kodam XIV/Hasanuddin sebagai organisasi TNI dapat memberikan kontribusi positif bagi pemangunan bangsa dan negara. Karena itu, dia berharap semua pihak di jajaran Kodam Hasanuddin memiliki komitmen dan optimistis menjalankan tugas.

Sementara itu, Surawahadi mengatakan, pihaknya berterima kasih dan mengapresiasi atas semua dukungan jajaran TNI dan PNS selama masa tugasnya 1,5 tahun di Kodam XIV/Hasanuddin. Mereka bersama-sama telah menjalankan program, termasuk bekerja sama pemerintah dengan masyarakat setempat.


Editor : Maria Christina