Haerul, Perakit Pesawat Ultralight dari Pinrang Sulsel Diundang KSAU ke Jakarta

Felldy Utama ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 19:16 WIB
Haerul, Perakit Pesawat Ultralight dari Pinrang Sulsel Diundang KSAU ke Jakarta
Haerul, perakit pesawat swayasa ultralight asal Kabupaten Pinrang, saat berkunjung ke Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulsel, Jumat (17/1/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.idHaerul, perakit pesawat swayasa ultralight dengan menggunakan bahan barang bekas dan mesin sepeda motor, menarik banyak perhatian. Pemuda berusia 34 tahun asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu bahkan mendapat undangan dari Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna untuk datang ke Jakarta.

Kasubdispenum Dispenau Kolonel Yuris mengatakan, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia (Fasi) dijadwalkan akan bertemu dengan Haerul di Mabesau Cilangkap, Jakarta, pada Selasa (21/1/2020).

“Besok Minggu (19/1/2020), Haerul akan terbang dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar menggunakan pesawat C130 Hercules dan akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada sore hari,” kata Kolonel Yuris dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (18/1/2020).

 

BACA JUGA:

Cerita ke Wagub, Montir Lulusan SD di Pinrang Mengaku Pernah Rakit Helikopter

Selain Cita-Cita, Montir Lulusan SD di Pinrang Buat Pesawat Ultralight karena Diilhami Mimpi

 

Kolonel Yuris mengatakan, rencananya pada Senin (20/1/2020), pihaknya mengajak Haerul untuk mengunjungi Lanud Halim Perdanakusuma. “Haerul akan kami ajak untuk melihat dari dekat berbagai alutsista (alat utama sistem persenjataan) TNI AU dan joy flight,” kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Yuris.

Undangan kepada Haerul ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pemuda yang kini ramai dibicarakan di media sosial itu. Berkat ketekunan dan semangat yang pantang menyerah untuk mewujudkan impiannya membuat dan menerbangkan pesawat sederhana, dia sekarang menggapai impiannya. Bahkan, montir lulusan Sekolah Dasar (SD) itu kini mendapat julukan “Habibie Baru” dari Pinrang.

Sebelumnya, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI H Haris Haryanto juga telah mengundang Haerul untuk berkunjung ke Lanud, Jumat (17/1/2020). Di sana, Haerul melihat secara langsung alutsista TNI AU. Dua di antaranya pesawat tempur Sukhoi Su27/30 dan pesawat ultralight yang digunakan oleh Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (Fasida) Sulsel.


Editor : Maria Christina