Gubernur Nurdin Abdullah: Warga Mulai Antisipasi Cuaca Ekstrem Dampak La Nina

Antara ยท Senin, 16 November 2020 - 13:15:00 WITA
Gubernur Nurdin Abdullah: Warga Mulai Antisipasi Cuaca Ekstrem Dampak La Nina
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Nurdin Abdullah meninjau banjir di Kabupaten Wajo menggunakan perahu, Rabu (22/7/2020). (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem dampak fenomena La Nina. Mereka harus mulai mengantisipasi bencana alam dengan membersihkan lingkungan serta saluran air.

Menurut dia, masyarakat perlu ikut berpartisipasi, sehingga dalam menghadapi cuaca ekstrem nanti penanganannya bisa lebih maksimal.

"Kerja sama dari seluruh masyarakat juga dibutuhkan, seperti pembersihan saluran atau drainase di lingkungan rumah masing-masing dan tidak membuang sampah sembarangan," kata Nurdin di Kota Makassar,Sulsel, Senin (16/11/2020).

Sementara untuk personel gabungan yang menjadi bagian dari tim penanganan bencana, kata dia, harus siap siaga. Termasuk menyiapkan peralatan mitigasi, evakuasi dan komunikasi.

Untuk titik daerah rawan bencana, kata dia, masih menunggu hasil kajian dari bagian analisis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Untuk yang hampir pasti titiknya yakni di Kabupaten Wajo sudah jadi bulan-bulanan banjir setiap tahunnya," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal