Gubernur Nurdin Abdullah Kirimkan Bantuan ke Luwu Utara dan Siapkan Rekonstruksi

Leo Muhammad Nur ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 21:30 WITA
Gubernur Nurdin Abdullah Kirimkan Bantuan ke Luwu Utara dan Siapkan Rekonstruksi
BPBD Sulsel menyiapkan bantuan yang akan disalurkan kepada warga terdampak banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Selasa (14/7/2020). (iNews/Leo Muhammad Nur)

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah merespons dengan cepat banjir bandang yang menerjang Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Nurdin langsung mengirimkan bantuan ke lokasi tersebut sehingga bisa meringankan warga yang terdampak.

Nurdin juga menyampaikan duka dan rasa prihatin mendalam atas musibah banjir bandang beruntun di Kabupaten Luwu Utara khususnya di Kota Masamba dan Radda, Kecamatan Baebunta yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan parah. Atas nama pemerintah, dia menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah banjir Luwu Utara.

"Atas nama pemerintah menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah banjir yang menelan korban jiwa di Luwu Utara. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah," kata Nurdin Abdullah, Selasa (14/7/2020).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tentu akan mengambil langkah-langkah bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara. Dia pun telah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BDBD) Sulsel untuk memberikan bantuan kepada para korban banjir bandang yang diperkirakan berdampak pada 4.930 keluarga.

"Saya juga telah berkoordinasi dengan BPBD Sulsel untuk segera mengirimkan bantuan yang diperlukan, seperti kebutuhan pokok untuk masyarakat, shelter, perlengkapan kebersihan serta mengirimkan mobil tangki air bersih. Saya minta BPBD Provinsi segera bergerak terutama untuk penyediaan air bersih dan dapur umum," ujarnya.

Dia juga telah mendapat laporan dari Pemkab Luwu Utara di bawah kepemimpinan bupati dan wakil bupati yang telah menyiapkan lokasi pengungsian baik di kantor DPRD, dan kantor Bupati. Pemkab diminta melaporkan jika ada yang mengalami masalah kesehatan di rumah sakit.

"Tim SAR Gabungan saat ini juga telah turun membantu masyarakat yang terdampak banjir bandang. Semoga saudara-saudara kita di Luwu Utara diberikan kesabaran dan kekuatan menghadapi musibah ini," katanya.

Nurdin berjanji segera turun memantau, melihat dan sekaligus memberikan dukungan kepada Luwu Utara. Dia pun mendukung segera melakukan rekonstruksi di Luwu Utara pascamusibah tersebut, terutama di wilayah yang mengalami kerusakan.

"Saya berharap kita bersatu padu untuk bersama-sama melaku upaya pemulihan agar masyarakat bisa hidup normal kembali," ucapnya.

Dia menambahkan, telah berkomunikasi dengan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melalui sambungan telepon Senin malam. "Sudah ada komunikasi. Sekarang di Masamba ini sinyal lemah dan ini menghambat kita berkomunikasi. Tetapi semalam Ibu Bupati sudah menyampaikan kondisi yang ada," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Ni'mal Lahamang menuturkan, bantuan telah dikirimkan dan Tim Reaksi Cepat BPBD Sulsel sudah menuju Masamba, Selasa pagi. Adapun bantuan logistik awal yang disalurkan, sembako 150 paket, makanan siap saji 120 paket, shelter 20 paket, hyginie kit 20 paket.

"BPBD Sulsel sudah membawa bantuan ke Masamba pendistribusianya, serta menyertakan satu unit mobil tangki terkait penanganan penanganan pembersihannya pascabanjir bandang," katanya.


Editor : Maria Christina