Detik-Detik Puncak Gerhana Matahari Cincin di Sulsel, Warga Padati Pantai Losari

Antara ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 14:45:00 WITA
Detik-Detik Puncak Gerhana Matahari Cincin di Sulsel, Warga Padati Pantai Losari
Pengamatan gerhana matahari cincin di Pantai Losari Makassar. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Masyarakat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), memadati anjungan Pantai Losari. Sebab Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan pengamatan fenomena alam itu di lokasi tersebut.

Seorang pengunjung di Pantai Losari asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Wiwik Rahayu mengatakan, sengaja datang ke lokasi pengamatan BMKG untuk melihat langsung proses gerhana matahari cincin.

"Ada teropong dan kacamata khusus untuk melihat proses gerhana," kata Wiwiek saat dikonfirmasi wartawan di Pantai Losari Makassar, Sulsel, Kamis (26/12/2019).

Posko BMKG di anjungan Losari Makassar dipadati pengunjung. Bahkan, dijual juga kacamata khusus seharga Rp50.000 bagi pengunjung yang tak bawa alat pelindung memadai.

Sebelumnya, BMKG memprediksi gerhana matahari cincin pada Kamis siang ini akan berlangsung sekitar tiga jam. Masyarakat Sulsel bisa menikmati gerhana sejak pukul 12.25 WITA hingga 15.45 WITA.

"Puncaknya diperkirakan pukul 14.15 WITA dengan magnitudo 0,757," kata Pengamat Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Kaharuddin.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: