Data Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, Jumlah Pasien Positif Tembus 5.001 Orang

Antara ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 11:55 WIB
Data Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, Jumlah Pasien Positif Tembus 5.001 Orang
Prosesi pemakaman jenazah pasien positif Covid-19. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Jumlah pasien terkonfirmasi positif virus corona di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah mencapai 5.001 orang per Selasa (30/6/2020). Sekitar 65 persen dari mereka masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel, Syafri Kamsul Arif mengatakan, data ini terangkum per hari ini hingga pukul 11.00 WITA. Secara keseluruhan 1.725 pasien sudah sembuh, 839 menjalani perawatan di rumah sakit, dan 2.269 orang menjalani isolasi mandiri.

"Sekitar 65 persen dari pasien positif di Sulsel tidak mengalami gejala sakit. Hanya 35 persen yang menjalani perawatan di rumah sakit," kata Syafri di Kota Makassar, Sulsel, Selasa siang.

Menurut dia, masih banyak pembawa virus atau carier yang berkeliaran. Karena itu tim dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 masih terus menggalakkan pemeriksaan massal.

"Supaya kita bisa dapati mereka, lalu kita isolasi," ujar dia.

Untuk menekan risiko penyebaran kasus Covid-19, kata dia, pemerintah daerah (pemda) diminta membatasi lalu lintas orang, terutama di daerah episentrum Covid-19 seperti Kota Makassar.

"Jadi tidak boleh lagi ada yang keluar-masuk Makassar tanpa jelas statusnya," katanya.

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, mewacanakan aturan pembatasan orang di daerahnya. Dengan begitu tidak semua orang bisa keluar dan masuk tanpa menyertakan surat keterangan bebas Covid-19.

"Sementara kita godok. Tujuan utama pembatasan itu untuk meminimalisasi potensi penyebaran covid," kata Rudy.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal