Cuaca Ekstrem, Lantamal VI Makassar Siagakan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

Antara ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 14:45 WIB
Cuaca Ekstrem, Lantamal VI Makassar Siagakan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana
Personel tim reaksi cepat penanggulangan bencana Lantamal VI Makassar saat apel siaga. (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar menyiagakan tim Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCB) menyikapi cuaca buruk yang terjadi pada awal tahun 2020. Para prajurit senantiasa memantau perkembangan dan memonitor segala informasi tentang kemungkinan bencana yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem tersebut.

"Kami punya pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana. Melihat situasi saat ini, cuacanya agak ekstrem, maka tim PRCB ini langsung disiagakan," ujar Asisten Bidang Operasi (Asops) Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo di Makassar, Sabtu (4/1/2020).

Menurutnya, langkah kesiapsiagaan ini juga berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), unsur TNI dan Polri serta pemerintah daerah. Di mana BMKG setempat telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca yang akan terjadi di Indonesia sampai 7 Januari 2020.

BACA JUGA: Cek Kesiapan Tanggap Bencana, Wagub Sulsel Minta BPBD Mitigasi Daerah Rawan

Lantamal VI Makassar langsung merespons BMKG dengan menyiagakan tim PRCB, baik personel maupun material peralatan untuk bertindak cepat apabila sewaktu-waktu terjadi musibah bencana alam.

"BMKG memperkirakan sejumlah wilayah akan berpotensi mengalami cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang. Indikasi peningkatan potensi cuaca ekstrem ada di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan" katanya.

Asops Danlantamal VI juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrem. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.


Editor : Donald Karouw