Cek Kesiapan Tanggap Bencana, Wagub Sulsel Minta BPBD Mitigasi Daerah Rawan

Antara ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 13:10 WIB
Cek Kesiapan Tanggap Bencana, Wagub Sulsel Minta BPBD Mitigasi Daerah Rawan
Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat pengecekan kesiapsiagaan BPBD dalam hal mitigas bencana. (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengecek kesiapan tanggap bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, dalam mengantisipasi terjadinya cuaca buruk di daerah tersebut. Hal ini seiring dengan adanya potensi cuaca ekstrem di Sulsel.

"Kami juga memberikan motivasi kepada tim untuk memperkuat solidaritas, kerja sama yang baik dan penanganan untuk menghadapi cuaca ekstrem," ujarnya di Makassar, Sabtu (4/1/2020).

BACA JUGA: BBMKG Makassar: Pantai Barat Sulsel Akan Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga 7 Januari 2020

Menurutnya, pengecekan awal perlu dilakukan untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Termasuk kesiapsiagaan di lapangan dalam menghadapi kemungkinan yang tidak diinginkan.

Selain itu, dia juga meminta BPDB agar memiliki file drive system dan emergency system. Termasuk mitigasi pemetaan daerah rawan bencana di Sulsel.

"Termasuk tentunya di Makassar sebagai pusat kota yang sering menjadi langganan banjir di titik-titik tertentu," katanya.

Nantinya diagendakan, pada 20 Januar mendatang akan dilakukan simulasi bencana oleh BPBD Sulsel bersama pemangku kepentingan.

"Saya minta kepada BPBD dan ternyata sudah dilakukan pembagian kerja untuk masing-masing wilayah tertentu untuk diadakan simulasi," kata Sulaiman.


Editor : Donald Karouw