Besok Hari Valentine, Rumah Kos dan Penginapan di Makassar Jadi Incaran Razia Satpol PP

Andi Deri Sunggu ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 15:30 WIB
Besok Hari Valentine, Rumah Kos dan Penginapan di Makassar Jadi Incaran Razia Satpol PP
Satpol PP merazia kondom di minimarket. (Foto: iNews/Andi Deri Sunggu).

MAKASSAR, iNews.id - Minimarket di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), diimbau tidak memajang alat kontrasepsi atau kondom di tempat terbuka. Kasir juga diminta mengawasi penjualan produk tersebut dengan tidak menjualnya ke sembarang orang.

Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud mengatakan, personelnya juga sudah diturunkan untuk mengecek kepatuhan para pemilik usaha tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi agar tidak ada tindakan asusila selama momen hari Valentine.

"Kita maksimalkan langkah antisipasi sesuai prosedural, tapi kalau kita temukan melanggar kita tindak," kata Iman Hud kepada wartawan di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (13/2/2020).

Selanjutnya, ratusan personel Satpol PP akan dikerahkan untuk merazia sejumlah titik dan lokasi yang diduga rawan tindakan asusila. Seperti kos-kosan, wisma, ataupun tempat hiburan malam.

"Paling tidak ada tindakan dari pemerintah untuk meminimalisasi tindakan asusila oleh remaja kita yang salah memahami arti Valentine," ujar dia.

Sementara itu Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar, M Iqbal Suhaeb, mengimbau para remaja di Kota Makassar tidak sampai terjebak perbuatan menyimpang seperti pesta minuman keras (miras) dan pergaulan bebas.

"Valentine itu bukan budaya kita, bukan budaya timur. Hindari sifat hura-hura yang dapat merusak moral. Jangan terperosok ke dalam pergaulan bebas, dan jauhi minuman keras," kata Iqbal.

Dia juga memberikan perhatian serius terhadap pengaruh negatif yang bisa ditimbulkan saat merayakan hari yang dikenal kasih sayang itu. Sebab memaknai kasih sayang bisa setiap hari, bukan di hari khusus.

"Kalau memang tetap ingin dirayakan, salurkanlah secara cerdas. Kasih sayang itu bukan selalu terhadap pasangan kita tapi semuanya orang tua, saudara hingga kerabat. Memberikan kasih sayang adalah menjadi keharusan kita," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal