Bangunan Sekolah di Wajo Ambruk akibat Banjir, Siswa Belajar Duduk di Lantai

Amnar Sengkang ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 17:13 WITA
Bangunan Sekolah di Wajo Ambruk akibat Banjir, Siswa Belajar Duduk di Lantai
Kondisi SDN 288 Bentenglompo di Wajo yang ambruk diterjang banjir. (Foto: iNews/Amnar).

SENGKANG, iNews.id - Sebuah bangunan sekolah dasar (SD) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ambruk diterjang banjir, Selasa (14/1/2020). Akibatnya, para siswa kehilangan tempat belajar dan terpaksa duduk di lantai ruangan guru.

Sekolah SDN 288 Bentenglompo, Kecamatan Sabbangparu, diketahui ambruk akibat terjangan banjir pada Senin (13/1/2020) kemarin. Hujan deras sejak Minggu (12/1/2020) mengakibatkan air sungai meluap dan arus banjir deras merobohkan bangunan sekolah.

"Karena banjir, jadi bangunan sekolah ambruk," kata seorang guru, Umar, kepada iNews di SDN 288 Bentenglompo, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Sulsel.

BACA JUGA: Jalanan Rawan Banjir di Makassar Akan Ditinggikan hingga 80 Cm

Dia mengatakan, ada tiga ruangan kelas yang ambruk diterjang banjir. Akibatnya para siswa terpaksa belajar di ruangan guru dan ruang perpustakaan.

Selain itu, sejumlah ruangan kelas juga terendam lumpur setinggi 20 sentimeter. Belum lagi sejumlah buku dan dokumen sekolah yang basah tergenang air, tidak bisa diselamatkan.

BACA JUGA: Tangani Banjir, Gubernur Sulsel Sebut Pemprov Sudah Siapkan Anggaran Tanggap Darurat

"Harapannya ada bantuan pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana sekolah," ujar dia.

Sejumlah siswa di SDN 288 Bentenglompo mengaku kesulitan belajar dengan kondisi saat ini. Mereka merasa tidak fokus belajar karena harus duduk di lantai dan situasi yang kurang kondusif.

"Iya, jadi tidak enak belajar," ujar seorang siswi kelas 3 SD, Syifa.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal