Awas, BPOM Makassar Temukan Ribuan Produk Kosmetik, Pangan dan Obat Ilegal

Antara · Senin, 27 Juni 2022 - 15:58:00 WITA
Awas, BPOM Makassar Temukan Ribuan Produk Kosmetik, Pangan dan Obat Ilegal
Balai BPOM Makassar saat menunjukkan produk kosmetik ilegal hasil pengawasan 32.797 pcs produk yang disita, Senin (27/6/2022). (Antara/ Suriani Mappong)

MAKASSAR, iNews.id - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makassar (BPOM) Makassar menemukan 32.797 pieces (pcs) produk kosmetik, obat, pangan olahan dan suplemen kesehatan ilegal serta mengandung zat berbahaya. Hasil ini berdasarkan pengawasan sepanjang Januari-Juni 2022.

Kepala Balai BPOM Makassar Hardaningsih mengatakan, dari total barang bukti tersebut terdapat produk kosmetika sebanyak 3.343 pcs. Kemudian produk pangan olahan 2.415 pcs, produk suplemen kesehatan 184 pcs dan obat Tanpa Izin Edar (TIE) 26.855 pcs.

"Ini hasil pemeriksaan dan pengawasan bersama Korwas PPNS PPNS Polda Sulsel. Total temuan ini berasal dari 19 kasus," ujarnya, Senin (27/6/2022).

Menurutnya terkait temuan tersebut, Balai BPOM Makassar melakukan fungsi pembinaan dengan menegur dan memberi peringatan agar pelaku usaha tidak mengedarkan produk tidak memenuhi ketentuan. Apalagi mengandung bahan berbahaya.

Sementara pelaku usaha yang telah memenuhi unsur pidana diteruskan ke proses pro justicia. Dalam hal ini, Balai BPOM Makassar bekerja sama dengan Korwas Polda Sulsel untuk proses tindak lanjut sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: