3 Ruko di Makassar Terbakar, 9 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Yoel Yusvin ยท Sabtu, 26 September 2020 - 14:31 WITA
3 Ruko di Makassar Terbakar, 9 Unit Mobil Damkar Dikerahkan
Kebakaran tiga ruko di Makassar diduga disebabkan korsleting listrik. (Foto: iNews/Yoel Yusvin)

MAKASSAR, iNews.id – Sebanyak tiga unit rumah toko (ruko) yang menjual bahan sembako di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terbakar, Jumat (25/9/2020). Api diduga berasal dari korsleting arus listrik salah satu ruko.

Kebakaran ini terjadi tepatnya di kawasan Pertokoan Pelangi, Jalan Keindahan Raya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. Sejumlah warga yang merupakan korban kebakaran hanya bisa pasrah menyaksikan ruko mereka terbakar.

Sementara warga yang panik berupaya memadamkan api menggunakan peralatan seadanya hingga Petugas Pemadam Kebakaran dari Kota Makassar tiba di lokasi. Banyaknya barang yang mudah terbakar seperti plastik ditambah kencangnya embussan angin membuat api sulit dikendalikan.

Sebagian warga juga membantu mengevakuasi keluarga korban dan barang berharga mereka. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Petugas yang menerima laporan segera meluncur ke lokasi meggunakan sembilan unit mobil damkar. Sekitar 45 menit kemudian, api berhasil dipadamkan.

Danton 3 Damkar Makassar, Ramli Nur mengatakan, ada dua ruko yang terbakar, sementara satu lainnya terdampak. Dugaan sementara, api berasal dari ruko yang berada di tengah.

“Api cepat menjalar karena bahan di dalam ruko merupakan bahan mudah terbakar,” katanya.

Sementara itu, pihak kepolisian dari Polsek Tamalanrea lantas melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab pasti kebakaran ini.


Editor : Umaya Khusniah