27 Positif Corona di Sulsel, Gubernur Nurdin Abdullah: Kita Bisa Lalui Badai Ini

iNews.id ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 19:33 WIB
27 Positif Corona di Sulsel, Gubernur Nurdin Abdullah: Kita Bisa Lalui Badai Ini
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR, iNews.id – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaporkan jumlah kasus positif corona di daerah itu mencapai 27 per Kamis (26/3/2020). Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengajak masyarakat Sulsel solid melawan virus yang saat ini terus menyebar luas itu.

“Kalau kita bisa solid menjaga sinergi yang kuat, saya yakin kita bisa melalui badai ini dengan baik,” kata Nurdin Abdullah melalui video conference bersama bupati, wali kota dan seluruh Forkopimda, dikutip iNews.id dari situs Pemprov Sulsel, Kamis (26/3/2020).

Nurdin mengingatkan kepada seluruh masyarakat Sulsel tidak terlalu panik dan tidak anggap remeh penyebaran Covid-19 ini. Dua hal itu dinilai jadi kunci dalam kondisi saat ini.

“Kuncinya adalah tidak panik, tapi tidak menganggap remeh. Tak lupa memohon doa kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar kita selalu dilindungi,” ujarnya.

Gubernur Sulsel juga berharap masyarakat Sulsel menyaring informasi dengan baik. Sebab, tanpa disaring dengan baik, informasi bisa menyesatkan masyarakat.

“Jangan terlalu banyak membaca. Jadi hampir separuh itu adalah hoaks dan membuat kita semakin tegang,” ujarnya.

Dia menambahkan, masyarakat yang masih baik-baik saja harus banyak bersyukur. Begitu pun, jangan karena masih dalam keadaan baik-baik saja, lantas melakukan aktivitas di luar. Tetap jaga imunitas tubuh agar kuat dengan gempuran virus yang telah memakan banyak korban jiwa di Indonesia itu.

“Saya kira ini penting sekali, tentu kita sadarkan kepada masyarakat. Kuncinya adalah imun tubuh kita, imunitas kita harus kuat. Jadi virus ini akan kalah dengan imunitas yang baik. Saya kira kita tidak usah terlalu panik karena membuat imunitas jadi turun sehingga virus cepat masuk,” katanya.

Dia juga menyampaikan, Covid-19 ini merupakan sebuah ujian. Tidak hanya bagi aparat pemerintah, tapi ujian bagi seluruh anak bangsa. Dia berharap masyarakat tetap optimistis persoalan ini bisa dilalui bersama.

“Saya yakin dan percaya, kita harus betul-betul memberikan semangat kepada masyarakat kita. Mudah-mudahan masyakarat kita semakin optimistis, semakin yakin dan kita melalui persoalan ini dengan tanpa kekurangan apapun,” katanya.

Diketahui, Pemerintah Indonesia memperbaharui data kasus positif corona di Indonesia yang hingga Kamis (25/3/2020) sudah mencapai 893 kasus atau bertambah 103 pasien. Sementara kasus positif Covid-19 Provinsi Sulsel melonjak lagi menjadi 27 kasus.

Jumlah pasien positif corona di Sulsel bertambah 14 kasus dalam sehari. Sampai Rabu (25/3/2020), pasien positif Covid-19 terdata sebanyak 13 orang. Jumlah ini sebelumnya bertambah dari sehari sebelumnya yang hanya empat kasus.

Sementara pasien positif corona yang meninggal dunia di Sulsel satu orang, yakni pasien 285. Pasien tersebut meninggal dunia pada 15 Maret 2020 lalu.

Data Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga menunjukkan peningkatan hari ini. Jumlah ODP total sebanyak 178, dengan rincian sebanyak 142 dalam pemantauan dan 36 sudah selesai dipantau. Jumlah ODP bertambah 23 orang dari data Rabu kemarin dengan total 155, yang terdiri atas 119 dalam pemantauan dan 36 selesai pemantauan.

Kemudian, total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 94 orang. Adapun rinciannya, sebanyak 86 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit dan 8 orang sudah sehat dan dipulangkan. Jumlah ini pun melonjak sebanyak 29 orang dari data Rabu (25/3/2020) dengan total PDP sebanyak 64 orang. Rinciannya, 57 masih dirawat dan 7 sudah sehat dan dipulangkan.


Editor : Maria Christina