14 Pasien Positif Hasil Rapid Test di Tana Toraja Dinyatakan Negatif Corona

Sindonews, Joni Lembang ยท Kamis, 23 April 2020 - 15:30 WIB
14 Pasien Positif Hasil Rapid Test di Tana Toraja Dinyatakan Negatif Corona
Tenaga medis melakukan tes swab (Foto: Antara)

TORAJA, iNews.id - Belasan warga yang menjalani rapid test dengan hasil positif Covid-19 dinyatakan negatif setelah pemeriksaan Swab. Hasil tes itu sudah diterima RSUD Lakipadada dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

"Ada 14 sampel swab yang telah diterima RSUD Lakipadada. Hasilnya, negatif atau tidak terinfeksi Covid-19," kata Direktur Syafari Mangopo di Makele, Kabupaten Tana Toraja, Sulsel, Kamis (23/4/2020).

Dia menjelaskan, 14 sampel swab yang dinyatakan negatif setelah pemeriksaan Swab BBLK Makassar di antaranya 13 tenaga medis dan satu orang sampel orang tanpa gejala (OTG).

OTG tersebut diduga telah melakukan kontak langsung dengan pasien positif nomor kasus 02 asal Kecamatan Saluputti. Namun dari hasil Swab dinyatakan negatif Covid-19.

"Dengan keluarnya hasil swab dan dinyatakan negatif covid-19, 14 orang ini telah dipulangkan ke rumahnya masing-masing," ujar dia.

Sebelumnya, pasien positif corona atau Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, bertambah satu menjadi tiga orang, Selasa (21/4/2020) dari 17 sampel yang sudah dikirimkan ke BBLK Makassar.

Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19, Berthy Mangontan menambahkan, Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah untuk memutus mata rantai penyebaran virus di lingkungan masyarakat.

Langkah-langkah yang dilakukan di antaranya dengan melakukan tracking terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan tim surveilans dari puskesmas dan Kepolisian.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal