10 Aksi Pembunuhan Sadis oleh Ali Kalora sebelum Tewas Tertembak, Terbaru Bantai 4 Warga Sekaligus

Puteranegara Batubara ยท Rabu, 22 September 2021 - 22:27:00 WITA
10 Aksi Pembunuhan Sadis oleh Ali Kalora sebelum Tewas Tertembak, Terbaru Bantai 4 Warga Sekaligus
Ali Kalora, teroris MIT yang tewas tertembak terlibat pembunuhan banyak warga sejak 2017 hingga Mei 2021 lalu. (Infografis: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Ali Kalora, pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, tewas tertembak setelah lama menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO). Teroris bernama asli Ali Ahmad ini  telah memiliki daftar panjang pembunuhan sadis.

Data dari Satgas Madago Raya, Ali Kalora setidaknya sudah 10 kali melakukan aksi teror dan pembunuhan sadis. Aksi itu setidaknya berlangsung sejak tahun 2017 hingga 2021.

Kasatgas Humas Ops Madago Raya, Kombes Didik Supranoto mengatakan, Ali Kalora merupakan pentolan di jaringan tersebut yang ahli dalam merakit bom lontong dan memiliki kemampuan bertahan hidup di tengah pelarian selama ini. 

"Ali Kalora kerap menyamar sebagai warga biasa dan menjadi petani untuk menghindar dari kejaran pasukan pemburu teroris," kata Didik kepada wartawan, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Berikut 10 kasus pembunuhan dan pembakaran yang diduga dilakukan oleh Ali Kalora:

1. Pembunuhan di Desa Parigi Moutong pada 2017

Menurut Satgas Madago Raya, aksi pembunuhan pertama yang dilakukan Ali Kalora terjadi pada 2017 lalu. Korban pembunuhan bernama Simon Suju. Warga di Desa Parigi Moutong
tersebut dihabisi pada 3 Agustus 2017.

2. Pembunuhan di Desa Salubanga pada 2018

Ali Kalora kembali beraksi pada 30 Desember 2018. Korbannya Ronal Batau alias Anang, warga Desa Salubanga, Parigi Moutong. 

3. Habisi Warga di Pegunungan Penghulu Kanan

Setahun kemudian, Ali Kalora mulai gencar melakukan aksi pembunuhan. Tercatat ada dua kasus pembunuhan yang dilakukan pada 2019. Pertama di Pegunungan Penghulu Kanan Desa Berdikari, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigit dengan korban Njue pada 23 Mei 2019. 

4. Bunuh Warga di Pegunungan Batu Tiga

Ali Kalora juga membunuh warga di Pegunungan Batu Tiga, Kecamatan Parigi Selatan. Dia juga menghabisi nyawa dua orang sekaligus, yakni Tamar dan Patte pada 25 Juli 2019.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: