Waspadai Cuaca Ekstrem, Polairud Sisir Laut Parepare - Pinrang Imbau Nelayan Pakai Life Jacket

Ichsan Anshari ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 13:15 WIB
Waspadai Cuaca Ekstrem, Polairud Sisir Laut Parepare - Pinrang Imbau Nelayan Pakai Life Jacket
Polairud Polda Sulsel imbau nelayan menggunakan life jacket saat mencari ikan. (Foto: iNews/Ichsan Anshari).

PAREPARE, iNews.id - Polisi menyisir beberapa titik wilayah perairan Parepare - Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk menyosialisasikan pentingnya penggunaan life jacket kepada nelayan. Karena kondisi cuaca dan gelombang tinggi sulit diprediksi belakangan ini.

Nahkoda Danpol 2009 Polairud Polda Sulsel, Bripka Aris Barakassi mengatakan, sepekan terakhir ini cuaca di Sulsel terbilang cukup ekstrem dan memicu gelombang tinggi di perairan laut.

"Kami sosialisasikan nelayan pentingnya menggunakan life jacket (rompi pelampung) saat melaut," kata dia saat menyisir perairan Laut Parepare - Pinrang, Sulsel, Rabu (29/1/2020).

Bagi mereka yang ditemukan tidak memiliki life jacket di kapalnya, Polairud Polda Sulsel meminta mereka menyiapkan jeriken ukuran 5-10 linter sebagai pengganti life jacket.

Menurut dia, nelayan-nelayan yang menggunakan perahu kecil sebagian besar malah melalaikan keselamatannya saat mencari ikan. Ke depan, dia berharap, para nelayan tersebut bisa lebih waspada dengan kondisi perairan laut yang sulit diprediksi akhir-akhir ini.

"Bagusnya memang punya pelampung itu. Tapi tidak ada, Pak. Jadi tidak saya pakai," kata seorang nelayan yang ditemui Polairud Polda Sulsel saat penyisiran tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal