Cuaca Buruk, Nelayan di Jeneponto Sulsel Sudah 2 Hari Tidak Melaut

Sulaiman Nai ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 09:24 WIB
Cuaca Buruk, Nelayan di Jeneponto Sulsel Sudah 2 Hari Tidak Melaut
Perahu nelayan di Jeneponto yang hanya sandar di pesisir pantai karena ombak tinggi dan tak bisa melaut. (Foto: iNews/Sulaiman Nai)

JENEPONTO, iNews.idCuaca buruk masih melanda wilayah pesisir pantai Kelurahan Pabiringa, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan. Sejak dua hari terakhir, puluhan nelayan setempat tak bisa melaut. Padahal mereka hanya menggantungkan hidup dari hasil laut.

Pantauan iNews, puluhan perahu nelayan tampak hanya sandar di bibir pantai. Mereka tidak bisa berbuat banyak karena kondisi angin kencang yang menyebabkan gelombang tinggi.

BACA JUGA: Hadapi Cuaca Ekstrem, Begini 4 Pesan Bupati Gowa ke Satgas Siaga Bencana

“Kami tidak bisa melaut dengan cuaca seperti ini. Ombaknya terlalu tinggi. Sudah beberapa hari ini angin kencang dan kami hanya bisa sandar perahu,” ujar Saripuddin Daeng Rani, seorang nelayan setempat, Minggu (12/1/2020).

Menurutnya, ketinggian ombak di dekat pesisir mencapai satu hingga dua meter. Kondisi ini sangat membahayakan nelayan yang hanya menggunakan perahu kayu.

Mengisi waktu luang, para nelayan hanya dapat memperbaiki alat tangkap ikan. Mereka juga mengecek kondisi perahu dan cek kerusakan.

“Harapan kami cuaca bisa kembali normal dan kami dapat melaut,” katanya.


Editor : Donald Karouw