Wah, Pesawat Terbang Karya Pemuda Pinrang yang Dikembangkan Unhas Segera Terbang

Antara ยท Senin, 25 April 2022 - 10:48:00 WITA
Wah, Pesawat Terbang Karya Pemuda Pinrang yang Dikembangkan Unhas Segera Terbang
Tim PPH bersama penguji dan Rektor Unhas berfoto bersama usai melakukan uji meluncur di darat di Kampus Teknik Unhas Gowa, Sabtu(23/4/2022). (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Pesawat karya pemuda bernama Haerul asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dikembangkan oleh Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin (Unhas), semakin mendekati sempurna. Bahkan tidak lama lagi siap diterbangkan.

Tim Pendampingan Pesawat Haerul (PPH) FT Unhas yang dipimpin oleh Prof Nasaruddin Salam telah melakukan uji taxi atau percobaan meluncur di darat di pelataran Kampus Fakultas Teknik, Kabupaten Gowa.

Dia menjelaskan saat ini hanya tinggal menunggu perangkat instrumen yang dalam proses pemesanan dari Singapura.

Pihaknya berharap dalam waktu tidak terlalu lama, panel-panel dimaksud segera tiba. Selama ini pihaknya fokus pada aspek aerodinamika dari pesawat, untuk memastikan keseimbangan dan kesiapan terbang.

“Secara umum, kondisi pesawat ini telah mencapai lebih 90 persen. Kami memperhatikan betul aspek aerodinamikanya, sebab aspek terpenting dari pesawat itu bukan hanya bisa terbang, tapi juga bisa mendarat kembali dengan sempurna dan aman,” katanya, Minggu (24/4/2022). 

Adapun proses peluncuran darat Pesawat Haerul dikemudikan oleh Ansory Gemmy, seorang pilot dari Pabrik Gula Camming, Kabupaten Bone. 
Ansory berpengalaman menerbangkan pesawat sejenis, untuk keperluan penyemprotan tanaman tebu di kawasan perkebunan.

Editor : Dita Angga Rusiana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: