Wagub Sulsel Minta Pemkab Subsidi Penerbangan ke Toraja

Muhammad Arham Hamid, Antara ยท Selasa, 01 September 2020 - 12:45 WITA
Wagub Sulsel Minta Pemkab Subsidi Penerbangan ke Toraja
Pesawat Wings AIr mendarat di Bandara Toraja. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menyarankan pemerintah daerah menyediakan subsidi tiket khusus untuk wisatawan ke Kabupaten Tana Toraja. Bantuan ini dapat dikoordinasikan dengan provinsi dan pusat.

"Pemerintah harus menjamin tersedianya alokasi anggaran subsidi tiket penerbangan," kata Wagub Andi Sudirman di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (1/9/2020).

Dengan adanya penumpang pesawat yang pasti melakukan perjalanan ke Kabupaten Tana Toraja, kata dia, pelayanan dari maskapai pun selalu tesedia. Apalagi banyak destinasi wisata di daerah tersebut.

Jika kunjungan wisatawan meningkat, maka akan menjadikan lokasi destinasi pariwisata semakin menggeliat. Lalu memberikan efek peningkatan perekonomian bagi masyarakat di Toraja dan sekitarnya.

Untuk menjamin tersedianya anggaran untuk kebutuhan tersebut, pemerintah daerah dan pemerintah provinsi bersinergi dalam membangun infrastruktur, sarana maupun prasarana untuk menonjolkan wisata.

"Kita juga butuh ekspansi dari 1.900, menjadi runway 3.200 meter. Pemerintah membantu akses direct flight domestik maupun internasional, tanpa transit ke Makassar. Jadi bisa mempersingkat," ujar dia.

Sebelumnya pejabat di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), diminta memanfaatkan fasilitas penerbangan di Bandara Buntu Kunik saat akan melangsungkan perjalanan dinas. Mereka diminta aktif mempromosikan akses tersebut selama tiga bulan.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mengatakan, instruksi ini akan dikeluarkan oleh DPRD Kabupaten Tana Toraja. Semua pejabat mulai dari kepala dinas hingga kepala desa yang ingin melakukan perjalanan ke Kota Makassar, harus pakai pesawat terbang.

"Tanggal 4 nanti, DPRD mengeluarkan instruksi tersebut. Kepala desa dan tokoh masyarakat harus ikut mempromosikannya selama tiga bulan," kata Bupati Nicodemus.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal