Viral! Sumur Bor Sedalam 80 Meter di Gowa Keluarkan Air Bak Susu

Bugma ยท Senin, 09 Maret 2020 - 17:17 WIB
Viral! Sumur Bor Sedalam 80 Meter di Gowa Keluarkan Air Bak Susu
Sebuah sumur bor di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mendadak viral setelah air yang dikeluarkan berwarna putih pekat mirip susu (Foto: iNews/Bugma)

GOWA, iNews.id - Sebuah sumur bor di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mendadak viral setelah air yang dikeluarkan berwarna putih pekat mirip susu. Kemunculan air ini pun menarik perhatian warga setempat.

Fenomena langka ini berawal saat pemilik lahan membuat sumur bor dengan menggunakan mesin untuk kolam renang berukuran kecil. Namun pada kedalaman 26 meter hingga 50 meter, air sumur yang keluar berwarna kecoklatan.

Pemilik lahan kemudian menambah kedalaman sumur hingga 80 meter. Tetapi, dia justru dikagetkan karena air yang keluar bukan air jernih melainkan air mirip dengan susu.

Kolam berisi air dari sumur bor di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang mengeluarkan air putih mirip susu (Foto: iNews/Bugma)
Kolam berisi air dari sumur bor di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang mirip susu (Foto: iNews/Bugma)

 

Hingga dua bulan terakhir, air yang dikeluarkan oleh sumur ini masih terus seperti susu. Petugas kecamatan pun bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk mengetahui kandungan air mirip susu ini.

Sekretaris Camat (Sekcam) Bontomarannu Nur Ismi mengatakan, sudah berkoordinasi dengan sejumlah ahli geologi perihal kandungan air sumur bor tersebut.

"Minggu (8/3/2020), pakar geologi sudah datang untuk meneliti. Kami terus melakukan penelitian." ujarnya, Senin (9/3/2020).

Dia juga memastikan, untuk kandungan kapur dalam air tersebut tergolong aman. Sehingga dia hanya mengimbau agar masyakarat tidak mandi atau mengambil air tersebut untuk kebutuhan konsumsi.

"untuk sementara itu kami khawatirkan ada kandungan kapur karena melihat warnanya itu putih. Tetapi kandungan kapusnya relatif rendah," ucapnya.

Pengumuman dilarang mandi di kolam berisi air mirip susu di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, kabupaten Gowa, Sulawesi Selata. (Foto: iNews/Bugma)
Pengumuman dilarang mandi di kolam berisi air mirip susu di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, kabupaten Gowa, Sulawesi Selata. (Foto: iNews/Bugma)

Namun, pengumuman yang terpampang di area kolam sepertinya tidak dihiraukan pengunjung. Dari pengamatan tim iNews, banyak warga yang justru asyik mandi. Bahkan di antara mereka mengambil air tersebut dalam botol.


Editor : Nani Suherni