Unhas Makassar Klaim Punya 2 Laboratorium Standar Pengujian Virus Korona

Sindonews ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 12:55:00 WITA
Unhas Makassar Klaim Punya 2 Laboratorium Standar Pengujian Virus Korona
Ilustrasi pengujian sampel di laboratorium. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Universitas Hasanuddin Makassar ternyata memiliki dua laboratorium yang dianggap sesuai standar untuk pengujian sampel pasien diduga terinfeksi virus korona. Selain alat dan fasilitas, kampus tersebut juga punya SMD yang mumpuni.

Wakil Rektor Unhas Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, Prof Muhammad Nasrum Massi mengatakan, Unhas memiliki kapasitas yang memadai untuk melakukan uji laboratorium pasien virus korona.

"Unhas memiliki laboratorium ex-NECHRI berstandar BSL-2 (Biosafety Level) yang ditempatkan di RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, dulunya kita gunakan memeriksa SARS," kata Prof Narsum kepada wartawan di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (18/3/2020).

Selain itu, ada juga fasilitas Laboratorium HUMRC di Lantai 6 Rumah Sakit Unhas, yang memenuhi standar BSL-3. Untuk penanganan wabah virus korona, kedua tempat ini hanya tinggal dibenahi dan dilakukan proses konstruksi saja.

Untuk dapat melakukan uji Covid-19, standar keamanan laboratorium disyaratkan minimal Bio Safety Level-2 atau BSL-2. Standar keamanan paling rendah adalah BSL-1 dan tertinggi BSL-4.

Sementara Dekan Fakultas Kesehatan Unhas, Prof Budu mengatakan, saat ini kewenangan melakukan uji virus korona hanya ada di Balitbang Kemenkes, meski ada lembaga yang mampu melakukan pengujian sampel pasien diduga suspect virus korona.

"Kita perlu berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel dan melakukan langkah kolaboratif. Sambil merampungkan kesiapan fasilitas lab agar operasional seratus persen," ujar Prof Budu.

Selain itu, Unhas juga akan mengajukan izin ke Balitbang Kemenkes, agar diberikan kewenangan melakukan uji Covid-19. Dengan begitu kedua laboratorim yang ada bisa siap beroperasi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsSulsel di Google News

Bagikan Artikel: