Terekam Kamera, Satpol PP di Wajo Pukul Pemotor Terobos Razia Masker

Amnar Sengkang ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:50:00 WITA
Terekam Kamera, Satpol PP di Wajo Pukul Pemotor Terobos Razia Masker
Seorang pemotor nekat terobos razia masker di Wajo. (Foto: iNews/Amnar).

SENGKANG, iNews.id - Seorang petugas Satpol PP memukul pengendara motor yang nekat menerobos razia masker di Jalan Masjid Raya Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun pelanggar tersebut tetap melaju tanpa menghiraukan aksi petugas tersebut.

Insiden ini terjadi pada Rabu (14/10/2020) malam saat petugas gabungan menggelar operasi yustisi di Kecamatan Tempe dan terekam kamera amatir milik warga. Mereka yang dinilai melanggar protokol kesehatan disetop dan didata petugas.

Warga yang tidak menggunakan masker, mendapat sanksi denda Rp50.000. Sebagian besar dari mereka yang merupakan pengendara mobil protes dengan kebijakan tersebut.

"Sebetulnya ada di mobil masker saya. Tapi tidak saya pakai, kalau keluar mobil saya pakai," kata seorang pelanggar, Nur, usai disetop dan didata oleh petugas.

Terkait insiden pemukulan yang dilakukan petugas, Satpol PP mengaku awalnya hanya menggertak dan ingin meraih stang motor korban. Namun karena korban tak mengurangi kecepatannya, tangan petugas malah mengenai lengan pengendara motor tersebut.

Aturan protokol kesehatan diatur Peraturan Bupati No 87 Tahun 2020. Ketentuan ini dimaksud untuk menekan laju peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Wajo.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal