Tanah Longsor Terjadi di Tana Toraja Akibatkan 3 Korban Luka

Jufri Tonapa ยท Jumat, 31 Januari 2020 - 06:46 WIB
Tanah Longsor Terjadi di Tana Toraja Akibatkan 3 Korban Luka
Tanah Longsor di Tana Toraja, Sulsel, menyebabkan sebuah rumah bagian belakang rusak tertimbun material. (Foto: iNews/Jufri Tonapa)

TANA TORAJA, iNews.id - Bencana tanah longsor terjadi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibatnya selain merusak satu rumah warga, tiga orang dikabarkan menjadi korban.

Tebing setinggi 40 meter dengan lebar 60 meter longsor dan menerjang sebuah rumah di Lembang Sasak, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja. Bagian belakang rumah rusak tertimbun tanah. Longsor ini didahului adanya petir yang menggelegar.

Dilaporkan ada dua orang warga yang terkena longsor dan seorang lainnya tertimbun material. Ketiga korban saat itu sedang beraktivitas di dapur.

Beruntung ketiga korban dapat dievakuasi dari timbunan dan material longsor. Mereka langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis.

Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi Zaenal Arifin mengatakan ketiga korban berhasil dievakuasi berkat kesigapan warga dan dibantu aparat. Sebelum dirujuk ke rumah sakit, korban sempat dibawa ke Puskesmas setempat.

“Ketiga korban merupakan satu anggota keluarga,” katanya, Kamis (30/1/2020) malam.

Longsor diakibatkan tingginya intensitas curah hujan di daerah Kecamatan Bittuang sejak sepekan terakhir. Akibatnya tanah di wilayah tersebut menjadi labil.


Editor : Umaya Khusniah