Sungai Masamba Meluap, Banjir Bandang Terjang Luwu Utara saat Warga Tertidur

Nasruddin Rubak ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 13:45 WIB
Sungai Masamba Meluap, Banjir Bandang Terjang Luwu Utara saat Warga Tertidur
Bupati Indah Putri indriani datangi korban banjir. (Foto: iNews/Nasruddin Rubak).

MASAMBA, iNews.id - Banjir bandang menerjang Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (18/6/2020) dini hari tadi. Puluhan warga mengungsi sementara di Gedung Pemuda Masamba.

Banjir bandang melanda dua wilayah, yakni di Kelurahan Bone dan Bone Tua. Banjir terjadi akibat tingginya intensitas hujan sejak Rabu (17/6/2020) malam dan meluapnya Sungai Masamba.

Kalaksa BPBD Luwu Utara, Muslim Muhtar, membenarkan banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi yang menyebabkan Sungai Masamba meluap.

"Curah hujan memang cukup tinggi, dan ini terjadi sejak sore sampai malam hari," kata Muslim di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Kamis pagi.

Pantauan iNews, sejumlah kendaraan yang melintas di Jalan Trans-Sulawesi terjebak banjir. Petugas pun kewalahan saat mengevakuasi warga pengguna jalan karena derasnya arus air.

Selain para pengguna jalan, petugas juga kerepotan mengangkut warga korban banjir di dalam rumah. Sebab banjir bandang menerjang pada dini hari, ketika semua warga beristirahat.

Para korban diangkut satu per satu dan dibawa ke Gedung Pemuda Masamba. Hingga saat ini belum ada data terkait jumlah korban jiwa dan kerugian akibat banjir bandang tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal