Siswi SD di Gowa Mendadak Buta usai Belajar Daring, Ini Kata Tim Dokter

Bugma ยท Senin, 23 November 2020 - 13:55:00 WITA
Siswi SD di Gowa Mendadak Buta usai Belajar Daring, Ini Kata Tim Dokter
Hasil pemeriksaan mata bocah SD di Gowa yang mendadak buta usai belajar online. (Foto: iNews/Bugma).

GOWA, iNews.id - Seorang siswi SD di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), mendadak buta usai belajar daring. Namun tim dokter rumah sakit memastikan hilangnya penglihatan bocah tersebut bukan karena pengaruh rutin menyimak ponsel belakangan ini.

Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Salam mengatakan, dari hasil pemeriksaan timnya, siswi SD atas nama Ririn Andrianti ini baru aktif menggunakan ponsel sejak Agustus 2020 lalu.

"Jadi hanya efektif tiga bulan dia menggunakan ponsel," kata Salam di Kabupaten Gowa, Sulsel, Senin (23/11/2020).

Menurut dia, kemungkinannya kecil bila kebutaan bocah tersebut akibat radiasi ponsel. Namun untuk penyebab pastinya dia menunggu hasil pemeriksaan dari dinas kesehatan.

Sementara itu Dokter Spesialis Mata RS Hasanuddin Makassar, dr Ratih Natasha Maharani mengatakan, dari hasil pemeriksaan keseluruhan pada mata Ririn, diduga ada masalah pada bagian kepala yang membuat penglihatannya tiba-tiba hilang.

"Ada masalah di bagian syarat. Kemungkinan itu yang membuat penglihatannya menurun. Bisa jadi karena tumor atau infeksi di bagian kepala," kata dr Ratih.

Namun untuk memastikan penyebabnya, Ririn masih harus menjalani pemeriksaan lanjutan, yakni foto atau ronsen di bagian kepala. Dari sana lah bisa diketahui mengapa bocah tersebut bisa tiba-tiba saja menjadi buta.

Sebelumnya sorang bocah SD di Kabupaten Gowa mengeluh pusing dan pandangannya gelap usai belajar online. Kondisi ini terjadi usai bocah tersebut belajar lewat ponsel.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal