Siswa Lulusan SD di Makassar Membeludak, Disdik Akan Tambah 7 SMP Negeri Baru

Sindonews, Vivi Riski Indriani ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 11:15 WIB
Siswa Lulusan SD di Makassar Membeludak, Disdik Akan Tambah 7 SMP Negeri Baru
Siswa SMP baru hadir dalam pengenalan sekolah. (Foto: Sindo).

MAKASSAR, iNews.id - Keberadaan SMP negeri di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dinilai tak sebanding dengan jumlah siswa lulusan SD. Pemerintah daerah (pemda) berencana menambah tujuh sekolah baru untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Amelia Malik mengatakan, penambahan sekolah ini penting, karena banyak siswa yang gagal masuk SMP negeri, karena jumlah murid lulusan SD yang besar.

"Kita belum survei sekolah mana yang bisa diregruping, tapi kita upayakan mudah-mudahan bisa ada tujuh titik," kata Amelia di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (23/7/2020).

Sejumlah wilayah yang dinilai minim SMP negeri, kata dia, berada di Kecamatan Tallo dan Biringkanayya. Hanya ada satu sekolah di sana yang membuat siswa sulit masuk lewat jalur zonasi.

Saat ini daya tampung SMP negeri di Kota Makassar sejumlah 13.906 orang. Sementara ada sebanyak 23.408 siswa lulusan SD pada tahun ini. Sekitar 9.602 murid tidak bisa bersekolah di SMP negeri.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, penambahan SMP negeri baru merupakan salah satu alternatif untuk mengakomodasi seluruh siswa yang baru lulus SD.

"Nanti kita lihat teknisnya berapa yang mendaftar dan berapa ruang kelas yang harus kita tambah. Bisa juga SD yang jumlah siswanya kurang kita merger," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal