Salat Jumat Pertama, Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa Terapkan Protokol Ekstra Ketat

Muhammad Arham Hamid ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 17:45 WITA
Salat Jumat Pertama, Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa Terapkan Protokol Ekstra Ketat
Penyemprotan disinfektan ke jemaah Salat Jumat. (Foto: Istimewa).

GOWA, iNews.id - Masjid Agung Syekh Yusuf di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), hari ini kembali menerapkan Salat Jumat berjemaah. Protokol kesehatan yang diterapkan bagi jemaah tampak sangat ketat.

Pantauan di dalam masjid, ada batas jemaah 1,5 meter dengan sejadah masing-masing. Mereka yang masuk untuk beribadah diwajibkan memakai masker dan diukur suhu tubuhnya. Lalu ada penyemprotan disinfektan dan jemaah diarahkan menggunakan hand sanitizer.

"Protokol kesehatan ini telah kita jalankan sehingga kami putuskan untuk membuka Masjid Agung Syekh Yusuf melaksanakan salat fardu berjemaah dan Salat Jumat," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, yang ikut salat di masjid tersebut, Jumat (12/6/2020).

Setiap hari dan selesai salat berjemaah, Masjid Agung Syekh Yusuf langsung disemprot cairan disinfektan. Menurut dia, saat ini tinggal masyarakat serta jemaah masjid dapat disiplin untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan dibukanya Masjid Agung Syekh Yusuf ini, doa-doa kita semua Insya Allah diijabah oleh Allah SWT, sehingga wabah Covid-19 ini bisa cepat berakhir," ujarnya.

Sementara itu, Rais salah seorang jemaah mengatakan, langkah Pemerintah Kabupaten Gowa untuk kembali membuka masjid ini sudah tepat. Apalagi dengan penerapan protokol kesehatan, sehingga penularan Covid-19 bisa diminimalisasi.

"Ini sudah tepat dengan membuka kembali tempat-tempat ibadah dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sehingga memudahkan akses bagi umat yang ingin melaksanakan ibadah salat berjemaah di mesjid," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal