PSBB di Makassar dan Gowa Diperpanjang, Polda Sulsel Lakukan Evaluasi

Antara ยท Sabtu, 09 Mei 2020 - 12:43:00 WITA
PSBB di Makassar dan Gowa Diperpanjang, Polda Sulsel Lakukan Evaluasi
Ilustrasi PSBB. (Foto: Istimewa)

MAKASSAR, iNews.id - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengevaluasi penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap I. Rencananya, PSSB yang diterapkan di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa akan diperpanjang.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, perpanjangan masa PSBB menjadi perhatian bersama serta melihat efektivitas dari pelaksanaan pada periode pertamanya.

"Dua daerah di Sulsel sudah menerapkan PSBB dan evaluasi dilakukan untuk melihat efektivitasnya, apalagi PSBB diperpanjang oleh kepala daerahnya," kata Ibrahim Tompo, Sabtu (9/5/2020).

Dalam analisis dan evaluasi (Anev) yang dipimpin Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe dan Wakapolda Brigjen Pol Halim Pagarra, ada beberapa poin penting dari pelaksanaan PSBB, yakni pembatasan di dua daerah.

Ibrahim menambahkan, Kapolda Sulsel meminta kepada pemerintah daerah dan seluruh aparat keamanan yang bertugas untuk tidak melakukan penutupan akses di jalan nasional atau perbatasan Makassar-Gowa.

Menurut dia, pengamanan dan pemeriksaan di perbatasan harus sesuai aturan dan mengikuti instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak memblokade jalan.

"Pak Kapolda tekankan agar jangan menutup jalan perbatasan, cukup membatasi dan memeriksa para pengendara baik roda dua maupun roda empat serta memeriksa suhu tubuhnya," kata Ibrahim.

Ibrahim menambahkan, personel di lapangan harus menjaga semangat untuk menghadapi PSSB tahap II.

"Anggota yang melaksanakan tugas kerjasama dengan fungsi lain harus melakukan tindakan yang terukur apabila ada yang melanggar termasuk pemberlakuan buka dan tutup toko-toko atau pengusaha lainnya," kata Ibrahim.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto