Protokol Kesehatan Diabaikan, Banyak Warga Pangkep Salah Paham Kebijakan New Normal

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 17:05 WIB
Protokol Kesehatan Diabaikan, Banyak Warga Pangkep Salah Paham Kebijakan New Normal
Perawat di Pangkep menggelar aksi turun ke jalan. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Sebagian warga di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) dinilai salah paham mengenai kebijakan new normal yang digaungkan pemerintah. Karena itu banyak yang enggan menerapkan protokol kesehatan.

Tim dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pangkep, dr Annas Ahmad mengatakan, hal yang mesti digencarkan sekarang yakni edukasi kepada warga, termasuk di tempat-tempat umum dan pusat keramaian.

"Kebijakan new normal membuat masyarakat enggan menerapkan protokol kesehatan, mereka beranggapan, pusat saja sudah new normal, mengapa pemerintah daerah ingin intervensi," kata dr Annas saat dikonfirmasi, Selasa (23/6/2020).

Selain itu, banyak informasi hoaks yang beredar di masyarakat. Hal ini sangat mempengaruhi kedisplinan warga dalam menjalankan protokol kesehatan. Karena sebagian orang menilai, pandemi ini hanya rekayasa saja.

"Tidak sedikit yang menganggapnya hanya sebuah konspirasi, khususnya masyarakat yang aktif di media sosial dan tidak melakukan pengecekan atas informasi yang diterima," ujar dia.

Namun Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pangkep bersama Satpol PP, TNI dan Polri terus melakukan edukasi ke warga mengenai penting protokol kesehatan saat ini, mulai dari memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

"Kita akan terus berupaya melakukan edukasi agar masyarakat kembali memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal