Duh, 7 Nelayan di Pangkep Tangkap Ikan Pakai Bom Berdaya Ledak Tinggi

Saharuddin ยท Senin, 22 Juni 2020 - 15:50 WITA
Duh, 7 Nelayan di Pangkep Tangkap Ikan Pakai Bom Berdaya Ledak Tinggi
Polisi amankan 7 nelayan di Pangkep yang tangkap ikan pakai bom. (Foto: iNews/Saharuddin).

PANGKEP, iNews.id - Polisi menangkap tujuh nelayan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diduga menangkap ikan dengan bom rakitan. Mereka menjalankan aksi ilegal ini secara berkelompok dan beroperasi di perairan terluar daerah tersebut.

Para pelaku ini diketahui telah sering melakukan penangkapan ilegal dengan bom rakitan. Mereka juga merakit sendiri bom yang memiliki daya ledak tinggi tersebut.

Kasat Polairud Polres Pangkep, IPTU Deki Marizaldi mengatakan, saat beraksi ketujuh pelaku berbagi peran. Awalnya mereka menyelam lebih dulu untuk memastikan keberadaan ikan di sekitar perairan tersebut. Lalu beberapa dari mereka melempar peledak.

"Bom ini memiliki daya ledak tinggi. Mereka sendiri yang merakit," kata Iptu Deki di Kabupaten Pangkep, Sulsel, Senin (22/6/2020).

Aksi para pelaku ini terbongkar saat jajaran Polairud Polres Pangkep melakukan patroli di sekitar perairan terluar saat mereka sedang beraksi. Ketika diperiksa, para nelayan tersebut diketahui melakukan aksi ilegal.

"Mereka beraksi di sekitar Pulau Sapuka, sekitar 22 jam lebih dari kota kabupaten," ujar dia.

Polisi sementara masih menyelidiki dugaan jual-beli bom ikan ini ke nelayan lain. Namun mereka dipastikan merakit bom ini sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat, di antaranya botol mineral bekas dan sumbu korek api sebagai mesiunya.

Selain ketujuh pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, yakni bom ikan, jeriken air lima liter, sumbu detonator, kompresor dan selang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal