Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Lepas Ekspor Langsung Produk Perikanan ke Hong Kong

Muhammad Arham Hamid ยท Sabtu, 30 Oktober 2021 - 22:26:00 WITA
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Lepas Ekspor Langsung Produk Perikanan ke Hong Kong
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melepas ekspor langsung produk perikanan ke Hongkong melalui jalur udara di Bandara Sultan Hasanuddin, Sabtu (30/10/2021). (Foto: ist)

MAKASSAR, iNews.id - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melepas ekspor langsung produk perikanan ke Hong Kong melalui jalur udara di Bandara Sultan Hasanuddin, Sabtu (30/10/2021). Ekspor ini berupa ikan segar dan ikan hidup dengan volume 11 ton senilai USD 176.000 atau setara Rp2,5 miliar.

Ini merupakan pengiriman langsung ketiga tujuan Hong Kong. Pengiriman juga sudah dilakukan pada 16 dan 23 Oktober lalu masing-masing sebanyak 7,91 ton dan 7 ton.

Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi pemerintah pusat yang merespons permintaan Pemprov Sulsel agar mendapatkan izin untuk dapat melakukan ekspor langsung ke Hong Kong. Demikian juga apresiasi kepada Garuda Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Angkasa Pura, stakeholder pendukung ekspor berserta pelaku ekspor.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah merespons cepat permintaan dari provinsi atas surat permohonan yang dikirimkan beberapa bulan lalu," ujar Sudirman, Sabtu (30/10/2021).

Menurutnya, tujuan pengiriman ini untuk meningkatkan daya saing eskpor produk perikanan Sulsel ke negara tujuan dan medukung kebijakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di sektor kelautan dan perikanan. Selain itu menumbuhkembangkan ekonomi perikanan di Sulsel. 

"Alhamdulillah ini menggeliatkan ekspor dengan adanya peningkatan ekspor pastinya juga akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian lebih cepat," katanya. 

Selain ke Hongkong, produk perikanan ini juga akan dikirim ke beberapa negara. Masih ada tiga negara lain diajukan izinnya, yakni di kawasan Timur Tengah dan Singapura. Untuk Singapura pengiriman perdana akan dilakukan 8 November mendatang.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: