Petugas Dinkes Cek Suhu Warga Pendatang Masuk ke Parepare dengan Thermo Gun

Ichsan Anshari ยท Selasa, 17 Maret 2020 - 11:30 WIB
Petugas Dinkes Cek Suhu Warga Pendatang Masuk ke Parepare dengan Thermo Gun
Pengecekan suhu tubuh di sejumlag pintu masuk Parepare. (Foto: iNews/Ichsan Anshari).

PAREPARE, iNews.id - Petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengecek suhu tubuh warga pendatang yang masuk di daerah tersebut dengan thermo gun atau termometer tembak. Kegiatan ini untuk mengantisipasi penyebarah wabah virus korona.

Plt Kepala Dinkes Parepare, Halwatiah mengatakan, kegiatan ini pertama kali dilakukan untuk mewaspadai adanya warga yang masuk dengan kondisi sakit. Pemeriksaan awal ini memang hanya dengan termometer tembak, namun bisa dilihat kondisi kesehatan warga itu.

"Tadi ada kami dapatkan warga dari Kota Pontianak yang masuk ke sini dengan suhu tubuh 40 derajat celcius. Langsung kami arahkan warga ke rumah sakit untuk penanganan medis lanjutan," kata Halwatiah kepada wartawan di Kota Parepare, Sulsel, Selasa (16/3/2020).

Menurut dia, deteksi virus korona tentu tidak bisa dilihat dari pengecekah suhu tubuh saja. Tapi juga lewat pemeriksaan medis di rumah sakit. Namun petugas bisa melihat kondisi pendatang ini dengan pengecekan suhu tubuhnya, lalu dilakukan antisipasi.

Dia mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan di sejumlah titik pintu masuk Kota Parepare. Di antaranya Jalan Trans Sulawesi perbatasan Parepare-Barru, Parepare-Pinrang dan Parepare-Sidrap.

"Maksud dari kegiatan ini supaya tidak ada warga yang datang dengan gejala virus korona dan masuk ke Kota Parepare, lalu menjadi wabah di sini," ujar dia.

Pantauan iNews, sejumlah petugas gabungan ikut serta membantu pengecekan tersebut. Di antaranya dari Satpol PP, Dinas Perhubungan dan anggota Satlantas Polres Parepare.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal