Perampok Dana Desa Ditangkap di Makassar, Sempat Tertahan di Sorong gegara PPKM

Rahman, Antara ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 09:35:00 WITA
Perampok Dana Desa Ditangkap di Makassar, Sempat Tertahan di Sorong gegara PPKM
Kantor Polrestabes Makassar. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Empat orang perampok sekretaris distrik ditangkap di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Susel). Mereka merampas uang senilai Rp300-an juta yang merupakan dana desa di salah satu kampung Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Keempat pelaku masing-masing berinisial S, A, B, dan I. Mereka merampas uang senilai Rp300-an juta yang merupakan dana desa yang baru dicairkan sekretaris distrik asal Distrik Warmare Manokwari.

Mereka sempat melarikan diri ke Kota Makassar usai beraksi pada Mei 2021. Namun Polda Papua Barat berkerja sama dengan Polrestabes Makassar dan menangkap pelaku pada 14 Juli 2021 lalu.

"Pelaku kabur dari Manokwari menuju Makassar dengan kapal laut," kata Dirkrimum Polda Papua Barat, Kombes Pol Ilham Saparona di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (21/7/2021).

Namun keempat orang ini sempat tertahan di Kota Sorong karena kebijakan PPKM darurat. Mereka pun menginap di daerah tersebut dengan menggunakan uang hasil perampokan itu hingga akhirnya berhasil tiba di Kota Makassar.

"Kami pun berhasil mengamankan mereka di Makassar setelah bekerja sama dengan Polrestabes Makassar," ujarnya. 

Keempat tersangka kini mendekam di ruang tahanan Polda Papua Barat untuk di proses hukum lebih lanjut. Mereka dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal