Pemuda di Makassar Bobol Minimarket Sepekan 3 Kali, Uang Habis Baru Serahkan Diri

Sindonews, Faisal Mustafa ยท Rabu, 26 Agustus 2020 - 13:06:00 WITA
Pemuda di Makassar Bobol Minimarket Sepekan 3 Kali, Uang Habis Baru Serahkan Diri
Pelaku bobol minimarket di Makassar. (Foto: Sindonews).

MAKASSAR, iNews.id - Seorang pemuda di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), berhasil membobol tiga brankas uang tunai minimarket dalam waktu sepekan. Setelah uang curiannya habis, dia baru menyerahkan diri ke polisi.

Pelaku atas nama Heriyanto alias Anto (20), warga Jalan Tanjung Anging Mammiri Makassar. Pelaku berkasi di tiga TKP berbeda-beda, dua di wilayah Tamalate dan satu di Mariso.

Kapolsek Mamajang, AKP Ivan Wahyudi mengatakan, modus pelaku dengan berpura-pura ke toilet. Namun ketika itu dia naik ke lantai dua untuk mengambil stok barang dan membobol brankas berisi uang tunai.

"Dulunya pelaku ini juga kerja di minimarkat jadi paham situasi dan kondisi jam-jam sibuk dan sepi. Tahu kapan pergantian kerja karyawan," kata AKP Ivan di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (26/8/2020).

Anto beraksi pada tanggal 15, 17 dan 21 Agustus. Dari hasil rekaman CCTV, pelaku hanya masuk ke dalam menunju toilet minimarket. Namun dia diduga kuat sebagai pencuri uang dan stok barang.

Selama beraksi, Anto membawa kabur uang Rp40 juta. Dia memakai uang tersebut untuk berfoya-foya, bahkan menyewa jasa PSK dan mengonsumsi narkoba. Kini uang yang dipegang pelaku hanya tersisa Rp5,85 juta.

"Pelaku kemudian menyerahkan diri ke Polsek Mamajang dan mengakui perbuatannya," ujar dia.

Kini Anto mendekam di Mapolsek Mamajang. Dia dijerat pasal 363 Ayat 1 dan 2 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara, dan total kerugian Rp40 juta.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal