Pemprov Sulsel Klaim Kelangkaan Solar Tidak Pengaruhi Produksi Nelayan

Antara ยท Senin, 25 April 2022 - 19:22:00 WITA
Pemprov Sulsel Klaim Kelangkaan Solar Tidak Pengaruhi Produksi Nelayan
Kapal nelayan di Makassar terpakir di Pelabuhan Paotere karena tak melaut akibat kelangkaan solar. (Foto: Andi Deri Sunggu)

MAKASSAR, iNews.id - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklaim kelangkaan solar pada sejumlah daerah tidak mempengaruhi produksi nelayan. Statistik menunjukkan hasil tangkap ikan malah mengalami kenaikan.

"Naik malah datanya. Ada kenaikan sekitar 20,1 persen produksi perikanan tangkap apabila dibandingkan dengan triwulan 1 tahun 2021," ujar Plt Kepala Dinas DKP Sulsel Sulkaf S Latief di Makassar, Senin (25/4/2022).

Meski begitu dia mengakui ada beberapa keluhan dari nelayan yang tidak bisa melaut akibat solar yang langka. Selain itu butuh beberapa syarat administrasi berupa surat rekomendasi dari dinas untuk mendapatkan bahan bakar kapal agar bisa beroperasi.

Dari data statistik DKP Sulsel, pada triwulan pertama 2022 produksi ikan di Sulsel mencapai 1.099.229,3 ton. Jumlah ini meningkat pada periode yang sama tahun 2021 yang hanya 1.083.327,6 ton.

"Keluhan ada, banyak. Mereka ada yang tidak bisa melaut. Tapi kami di DKP semua nelayan yang datang meminta rekomendasi pasti dikasih," katanya.

Bagian Statistik DKP Sulsel, Max menerangkan tidak semua nelayan di Sulsel menggunakan solar untuk mengoperasikan kapal mereka. Sejumlah nelayan kecil yang daerah tangkapnya tidak terlalu jauh di tengah laut atau yang daerah tangkapnya di darat, banyak tidak menggunakan solar.

Editor : Dita Angga Rusiana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: