Pemprov Sulsel Bangun Pabrik Pengolahan Kepala Sawit Ke-6 di Luwu Utara

Antara ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 18:06 WIB
Pemprov Sulsel Bangun Pabrik Pengolahan Kepala Sawit Ke-6 di Luwu Utara
Ilustrasi kelapa sawit. (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) membangun pabrik pengolahan kelapa sawit di Kabupaten Luwu Utara. Pengerjaan pembangunan ini akan dimulai pada pekan keempat Februari 2020.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulsel Andi Ardin Tjahjo mengatakan, proyek ini sekaligus menambah jumlah pabrik pengolahan kelapa sawit di Sulsel menjadi enam unit. Tersebar di Kabupaten Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur.

"Peluncuran awal sudah dilakukan dan Insya Allah pekan depan dimulai pembangunan pabrik kelapa sawit keenam di Sulsel," katanya di Makassar, Minggu (16/2/2020).

Dia menjelaskan, Pemprov Sulsel konsisten dan mendukung para petani dalam pengembangan kelapa sawit. Apalagi saat ini, Presiden Joko Widodo juga sudah membuat program mandatory biodiesel yang mampu mengangkat harga jual kelapa sawit di Indonesia, termasuk di wilayah Luwu Raya. 

Menurutnya, jika tersedia pabrik maka bisa diartikan atau sudah menunjukkan potensi kelapa sawit memberikan keuntungan yang besar bagi Sulsel. Hal ini yang membuat pemerintah berani mengeluarkan modal untuk membiayai pembangunan pabrik tersebut.

"Saya kira dengan harga kelapa sawit yang mengalami kenaikan serta ketersediaan pabrik membuat para petani di daerah ini lebih semangat," ujarnya.


Editor : Donald Karouw