Pembangunan Jalur Kereta Trans Sulawesi Barru - Pangkep Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Antara ยท Minggu, 01 Maret 2020 - 10:20 WIB
Pembangunan Jalur Kereta Trans Sulawesi Barru - Pangkep Masih Terkendala Pembebasan Lahan
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (kedua dari kanan) saat meninjau progres kereta cepat Jakarta-Bandung di Purwakart, Jawa Barat, Minggu (23/2/2020). (Foto: Ant)

MAKASSAR, iNews.id - Pembangunan jalur kereta api trans Sulawesi untuk rute Kabupaten Barru - Pangkep, diagendakan selesai pada akhir 2020. Upaya pembebasan lahan juga diharapkan dapat diselesaikan dengan baik.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, jalur kereta ini mulai dari Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru ke Tonasa, Kabupaten Pangkep.

"Sepanjang 30 Km bisa selesai akhir tahun ini. Setelah itu, diharapkan terkoneksi sampai Bosowa (Maros) akhir tahun depan. Setelah itu kita bisa kerjakan jalur Makassar-Parepare," kata Budi Minggu (29/2/2020).

Dia berharap agar persoalan pembebasan lahan dapat diselesaikan dengan baik. Dia mengapresiasi kerja sama berbagai pihak untuk melancarkan proses tersebut, meski masih ada kendala.

"Semalam kita diskusi soal pembebasan tanah. Jujur pembebasan tanah ini belum mulus, artinya ada proses konsinyasi," katanya.

Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri, menjelaskan total anggaran pembangunan sekira Rp2,3 triliun dengan 16 paket pekerjaan dan menggunakan skema KPBU. Fase pertama dari Tonasa - Maros sepanjang 30 km dan dengan tambahan 5 km sampai Garongkong.

Untuk pembangunan jalur dari Makassar ke Kabupaten Barru, Pangkep, dan Maros dibutuhkan luas tanah sekitar 3.321.

Lalu pada 2019 telah diselesaikan pembangunan jalur KA Makassar - Parepare Segmen dia lintas Barru-Palanro sepanjang 40 Km, serta pembangunan 5 stasiun baru.

Kelimanya yakni, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Barru, Stasiun Takalasi, Stasiun Mangkoso dan Stasiun Palanro. Panjang total jalur Makassar-Parepare 144 Km dan akan terintegrasi dengan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal