Pembangunan Akses Jalan Tol Makassar New Port Masuk Tahap Persiapan dan Sosialisasi

Antara · Minggu, 26 September 2021 - 14:45:00 WITA
Pembangunan Akses Jalan Tol Makassar New Port Masuk Tahap Persiapan dan Sosialisasi
Ilustrasi suasana sekitar kawasan tol menuju Makassar New Port yang merupakan salah satu pelabuhan kelolaan PT Pelindo IV, Makassar. (Foto: Antara/HO/Humas Pelindo IV)

MAKASSAR, iNews.id - Pembangunan akses jalan tol Makassar New Port (MNP) yang dikelola PT Pelindo IV (Persero) memasuki tahap persiapan dan sosialisasi. Ada dua kelurahan yang akan terkena dampak pembangunan tersebut.

“Sosialisasi pengadaan tanah bagi pembangunan akses jalan tol MNP di Kota Makassar tengah disosialisasikan," kata Senior Manager Fasilitas Pelabuhan PT Pelindo IV Arwin, Sabtu (26/9/2021).

Dia mengatakan sosialisasi itu ditujukan kepada warga di Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan bersama Dinas Pertanahan Kota Makassar dan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan yang dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel, Forkopimda Kota Makassar, seluruh warga, dan tokoh masyarakat di dua kelurahan tersebut.

Arwin mengatakan jalan tol menuju MNP ini merupakan rencana strategis pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan untuk pembebasan lahan dilaksanakan Pelindo IV.

Jalan tol dengan panjang sekitar dua kilometer ini merupakan perpanjangan jalan tol eksisting menuju MNP. Adapun anggaran yang dibutuhkan kurang lebih Rp50 miliar hingga Rp60 miliar untuk sekitar 1 km lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan akses jalan tol tersebut.

Sementara anggaran untuk pembangunan akses tol itu sendiri, kata Arwin, berada di Kementerian PUPR sebagai pihak yang akan membangun akses jalan tol itu.

“Jadi, ditargetkan pembangunannya dimulai tahun ini. Tinggal menunggu pembebasan lahan, langsung dibangun,” ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: