Pelabuhan Pannyua Makassar Akan Dibangun Dermaga Penyeberangan, Dialokasikan Rp72 Miliar

Ashari Prawira ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 12:25:00 WITA
Pelabuhan Pannyua Makassar Akan Dibangun Dermaga Penyeberangan, Dialokasikan Rp72 Miliar
Survei pembangunan dermaga penyeberangan. (Foto: Sindonews).

MAKASSAR, iNews.id - Pelabuhan Pannyua di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan dibangun dermaga penyeberangan. Anggarannya mencapai Rp72 miliar dan dikerjakan secara bertahap selama 2-3 tahun.

Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah XIX Kementerian Perhubungan, Suria Abdi mengatakan, lokasi di Pelabuhan Pannyua dinilai cocok.

"Pannyua kan belum mempunyai dokumen perencanaan. Setelah ini ada, kami akan usulkan untuk pembangunannya," kata Suria di Kota Makassar, Sulsel, Senin (14/6/2021).

Anggarannya sendiri akan mencapai Rp72 milliar dan dibangun secara bertahap selama 2 hingga 3 tahun ke depan. Dermaga ini akan dikonsep sebaik mungkin serta memenuhi kualifikasi keamanan kebersihan dan fasilitas memadai.

"Yang jelas konsep dermaga ini adalah pelabuhan penyeberangan untuk angkutan umum, baik dari makassar ke pulau-pulau, baik juga antar provinsi," katanya.

Sementara itu Wali Kota Makassar, Ramdhan (Danny) Pomanto, mengaku sudah mensurvei sejumlah lokasi yang ada, termasuk Dermaga Kayu Bangkoa. Namun tempat tersebut dinilai tidak efisien, apalagi anggarannya sudah tersedia.

"Dananya cukup besar, Rp72 Miliar. Rugi pemkot kalau tidak mempersiapkan ini dengan baik. Makanya tadi kami diskusi tentang tempatnya," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: