Pasien Suspect Korona Diisolasi di IGD RUSD Tenriawaru

Bulan Sri Indra Maya ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 13:25:00 WITA
Pasien Suspect Korona Diisolasi di IGD RUSD Tenriawaru
IGD RSUD Tenriawaru Bone. (Foto: iNews/Bulan Sri Indra Maya).

BONE, iNews.id - Seorang warga diduga suspect virus korona diisolasi di RSUD Tenriawaru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun tidak ada ruangan khusus di sana, sehingga pasien tersebut ditempatkan di IGD rumah sakit.

Langkah ini dilakukan karena belum ada rumah sakit rujukan yang memberikan respons untuk menerima pasien suspect virus korona tersebut. Langkah antisipasinya, RSUD Tenriawari menolak pasien baru dan meniadakan jam besuk.

"Untuk di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, di sana penuh. Begitu juga di RSUD Andi Makkasau, full (penuh)," kata Humas RSUD Tenriawaru Bone, Ramly Syam, di Kabupaten Bone, Sulsel, Rabu (18/3/2020).

Menurut dia, pihak rumah sakit langsung melakukan koordinasi dengan enam rumah sakit rujukan yang ada di Sulsel terkait kondisi pasien tersebut. Empat rumah sakit di antaranya hingga saat ini belum memberikan balasan kesiapan mereka.

"Kalau ada rumah sakit yang siap. Pasti langsung kami bawa pasien ke sana," ujar dia.

Sementara ini, pasien tidak bisa dibawa ke mana-mana terlebih dahulu, dan terpaksa diisolasi di ruangan IGD rumah sakit. Dia mengatakan, tidak mungkin membawa pasien suspect virus korona ini bila tidak ada yang siap menampung.

"Jadi kami isolasi dulu di sini. Tidak ada orang lain juga, pasien di sana kami kosongkan," katanya.

Dia juga mohon maaf kepada para pengunjung pasien, karena rumah sakit terpaksa menutup jam besuk untuk sementara waktu. Bila ada hal-hal yang dianggap mendesak, bisa segera berkoodinasi dengan petugas rumah sakit.

"Kalau ada pasien masuk IGD, kami juga terpaksa mengalihkan ke rumah sakit lain terlebih dahulu," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: