Orang Gangguan Jiwa Cepat Sembuh dari Covid, RS Dadi Makassar: Karena Tidak Dipikirkan

Andi Deri Sunggu ยท Selasa, 22 Juni 2021 - 17:20:00 WITA
Orang Gangguan Jiwa Cepat Sembuh dari Covid, RS Dadi Makassar: Karena Tidak Dipikirkan
Pemeriksaan ODGJ saat dinyatakan sembuh Covid. (Foto: iNews/Andi Deri).

MAKASSAR, iNews.id - Sebanyak 170 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di RS Dadi Makassar sembuh dari Covid-19. Mereka bisa cepat sembuh, karena para pasien ini tidak terlalu memikirkan penyakit yang sedang dideritanya.

Direktur RS Dadi, dr Arman Bausat mengatakan, kondisi ini membuat mereka mudah sembuh dari Covid-19. Sebab secara piskologis mereka tak terbebani saat terpapar virus corona.

"Kita berpikir kenapa ini orang gangguan jiwa kalau covid mereka bisa cepat sembuh, ternyata mereka tidak memikirkan penyakitnya. Jadi stres sangat mempengaruhi," kata dr Arman di Kota Makassar, Sulsel, (22/6/2021).

Menurut dia, saat ini sudah tidak ada lagi ODGJ yang menjalani isolasi akibat terpapar virus corona. Sebab mereka sudah sembuh dan dinyatakan negatif Covid.

Saat ini jumlah pasien Covid yang dirawat RS Dadi tersisa enam orang. Namun mereka merupakan pasien umum, bukan dari pasien orang gangguan jiwa.

"Jadi kemarin tinggal enam pasien tetapi ini bukan gangguan jiwa, jadi pasien covid di sini yang saya rawat tinggal enam orang," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal