Miris, 2 Wanita Difabel di Makassar Diperkosa Pria yang Sama Setiap Bulan Agustus

Leo Muhammad Nur ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 14:05 WITA
Miris, 2 Wanita Difabel di Makassar Diperkosa Pria yang Sama Setiap Bulan Agustus
Polisi memeriksa 2 perempuan yang diduga menjadi korban pemerkosaan di Makassar. (Foto: iNews/Leo M Nur).

MAKASSAR, iNews.id - Dua wanita penyandang difabel di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menjadi korban pemerkosaan seorang pria. Pelaku melancarkan aksinya dengan modus mengancam korban agar mereka mau melayani hasrat bejatnya itu.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko mengatakan, kedua korban masing-masing berinisial SRJ (30) dan NAA (28). Mereka diperkosa oleh pria yang sama berinsial F (30) dalam waktu yang berbeda-beda, yakni 2017 dan 2018.

"Modusnya mengancam korban supaya mau melayani pelaku," kata Indratmoko kepada wartawan di Mapolrestabes Makassar, Sulsel, Rabu (12/2/2020).

Pelaku yang juga penyandang difabel ini diamankan polisi di rumah keluarganya, Jalan Insinyur Sutami, Kota Makassar. Dia mengakui perbuatannya telah memerkosa dua wanita, dilakukan terhadap SRJ pada Agustus 2017 dan NAA di Agustus 2018.

"Memang pelaku ini difabel juga," ujar dia.

Menurutnya, petugas kesulitan menerjemahkan laporan dari korban dan keterangan pelaku, sehingga polisi berkoordinasi dengan pihak yang bisa mengartikan komunikasi mereka.

Pelaku F memerkosa SRJ di kediamannya saat sang istri sedang menjalankan ibadah umroh. Dia lalu mengajak korban ke rumahnya, dan saat malam hari, F memaksa SRJ untuk berhubungan badan ketika anak dan saudara-saudaranya sedang tertidur pulas.

"Satu TKP lagi di sebuah wisma di Makassar," katanya.

Aksi F kedua kalinya mengincar korban NAA dengan modus akan menemani dia mencari rekannya yang belum pulang hingga larut malam. Kemudian, pria ini mengajak korban menginap di wisma dengan alasan sudah mengantuk, namun di sana NAA malah diperkosa pelaku.

"Pelaku dan korban ini saling mengenal. Karena mereka sama-sama dalam satu komunitas difabel," ujarnya.

Saat ini F diamankan di Kantor Satreskrim Polrestabes Makassar untuk menjalani proses hukum. Dia dijerat pasal 285 KUHP tentang Pemerkosaan dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal