Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Nelayan Makassar Akan Ikut Ramaikan Laut Natuna

Antara ยท Rabu, 08 Januari 2020 - 15:00 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Nelayan Makassar Akan Ikut Ramaikan Laut Natuna
Nelayan Indonesia. (Foto: Dok).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menyebut nelayan se-Nusantara siap berlayar ke Laut Natuna. Di antaranya para pelaut ulung dari Makassar dan pesisir Sulawesi Selatan.

Mahfud mengatakan, jumlah banyak nelayan dari berbagai daerah yang siap berlayar ke Laut Natuna. Mereka sudah mendaftar dan siap menuju ke perairan tersebut untuk mencari ikan.

"Kita mencari juga kapal-kapal lain di seluruh Nusantara. Banyak, nih, ternyata," kata Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

BACA JUGA: Luhut Minta Pangkalan Nelayan di Laut Natuna Selesai Dibangun Tahun Ini

Mereka berasal dari berbagai daerah, di antaranya Makassar (Sulsel), Ambon (Maluku) bahkan hingga ujung timur Indonesia, Papua. Mereka mengirimkan pesan ke Kemenko Polhukam bahwa akan meramaikan Laut Natuna.

"Dari pantura saja sudah siap berangkat " katanya.

Saat ini, kata dia, tengah mempersiapkan kesiapan sarana prasarana nelayan selama melaut di perairan Natuna, mulai ketersediaan bahan bakar hingga fasilitas penampungan ikan.

BACA JUGA: Jaga Wilayah NKRI, Empat Pesawat Tempur F16 TNI AU Tiba di Natuna

Selain itu, pengusaha-pengusaha yang siap menampung ikan di sana juga sedang disiapkan, dan banyak juga yang sudah daftar.

Menurut dia, nelayan-nelayan yang akan berangkat melaut ke Natuna juga akan dikoordinasi dan terorganisasi oleh lembaga dan instansi terkait.

"Kalau di laut itu pengamanannya sudah ada Bakamla (Badan Keamanan Laut), Angkatan Laut, KKP, Polair, dan lain-lain. Ya, tidak apa-apa biar saja jalan," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal